7 Tips Aman Untuk Menginap di Hotel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Tips Aman Untuk Menginap di Hotel yang Perlu Kamu Ketahui. -- Menginap di hotel memang jadi pilihan utama saat melakukan perjalanan jauh, seperti halnya ketika pergi ke luar kota. Namun, saat pandemi sekarang ini memilih hotel harus dilakukan secara hati-hati dan tidak bisa sembarangan. Mengingat betapa gampang virus Covid-19 ini menyebar jika kita lengah sedikit saja.

Berbagai cara dilakukan agar terhindar dari Covid-19, dan tentu saja sebelum menginap di hotel kamu harus membekali diri dengan berbagai pengetahuan. Salah satunya tentang tips agar aman berada di tempat penginapan yang akan dikunjungi. Lantas apa saja tips yang harus diterapkan tersebut? Mari simak penjelasan selengkapnya!

Memastikan Hotel Menerapkan Protokol Kesehatan Ketat

Di masa pandemi begini, seluruh hotel di Indonesia memang wajib menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun, nyatanya ada juga beberapa yang meskipun melakukannya tapi masih terkesan asal-asalan saja. Untuk itu kamu harus mengecek dan memastikan dengan baik tentang hal ini, agar ketika menginap tidak dilandasi kecemasan akan tersebarnya virus Covid-19.

Biasanya untuk mengetahui hal ini kamu bisa mengecek di situs resmi hotel bersangkutan, bisa juga dengan cara menghubungi pihak hotel secara langsung dan menanyakannya. Biasanya protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak hotel seperti misalnya wajib memakai masker, lebih menganjurkan memakai tangga dibanding lift agar kerumunan tidak terjadi, membekali para karyawan hotel dengan pengetahuan tentang pencegahan virus satu ini dan lain sebagainya.

Memastikan Ventilasi Ruang Kamar Cukup Bagus

Penyebaran virus Covid-19 bisa dilakukan lewat udara, sehingga saat akan menginap di hotel kamu harus memastikan bahwa ruangan kamarnya mempunyai ventilasi udara yang cukup bagus. Sebaiknya hindari penggunaan AC dan lebih baik sering-sering membuka jendela kamar hotel agar terjadi pertukaran udara dari luar kamar. Selain itu juga agar cahaya matahari lebih gampang masuk dan membuat ruangan tidak pengap.

Tubuh Harus Dalam Keadaan Fit

Penting sekali untuk tidak bepergian saat kondisi tubuh sedang kurang bagus. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan risiko tertular oleh virus Covid-19, sebab virus akan dengan gampangnya menyerang jika kondisi tubuhmu tidak fit. Jadi, sebelum memutuskan untuk menginap di hotel, pastikan dulu jika keadaanmu sedang benar-benar sehat.

Membawa Perlengkapan Kesehatan yang Memadai

Vitamin atau suplemen dan obat-obatan sangat penting supaya daya tahan tubuh tetap terjaga dan tidak gampang sakit. Oleh karenanya di masa pandemi seperti ini kamu harus menyetok vitamin yang cukup supaya tidak gampang drop. Selain itu, wajib bagi kamu untuk terus membawa hand sanitizer dan rutin memakainya saat selesai beraktivitas di luar ruangan. Sebab, kita tidak pernah tahu tempat atau benda mana saja yang sudah terkontaminasi oleh virus tersebut.

Memilih Hotel dengan Area yang Luas

Hotel dengan area luas memang memiliki keuntungan tersendiri, salah satunya adalah para tamu bisa menjaga jarak satu sama lain. Beda halnya jika area hotel yang dipesan tidak terlalu luas, hal ini bisa saja membuat para pengunjung melakukan kontak dengan mudahnya tanpa disengaja sekalipun. Selain itu, area yang cukup luas ini akan membuat sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk sangat memadai.

Minimalisir Penggunaan Layanan Hotel

Hampir semua hotel memberikan sejumlah pelayanan kepada para tamu demi kenyamanan, salah satunya layanan antar barang ke kamar sehingga tamu tidak perlu repot. Sayangnya di masa sekarang ini penggunaan layanan antar barang ini sebaiknya tidak terlalu dimanfaatkan. Karena demi mencegah adanya kontak dengan orang lain, jadi sebaiknya para tamu membawa sendiri barang-barang mereka langsung menuju kamar.

Membersihkan Kamar Saat Baru Masuk

Sebaiknya ketika baru datang, kamu membersihkan ruang kamar terlebih dahulu seperti mengelap beberapa bagian contohnya saklar, gagang pintu, remote, meja dan sejenisnya demi menjamin keamanan dan kenyamanan. Memang pihak hotel akan selalu membersihkan kamar secara rutin dengan teliti, tapi setidaknya untuk berjaga-jaga tidak ada salahnya melakukan hal tersebut.

Mungkin terdengar cukup ribet, tapi dengan serangkaian tips di atas kamu bisa mencegah penularan virus Covid-19 dan tetap bisa berlibur atau bekerja dengan nyaman. Nah, jadi jangan sampai dilewatkan ya!

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Penyuka segala hal tentang cokelat.