TRADISI DI KEPULAUAN SERIBU

TRADISI DI KEPULAUAN SERIBU

Beragam tradisi unik  yang menarik di berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya yaitu pulau seribu. Tidak salah jika pulau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Tradisi adalah kebiasaan. Yang dimaksud tradisi adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang sama. Kebiasaan yang diulang-ulang ini dilakukan secara terus menerus karena dinilai bermanfaat bagi sekelompok orang, sehingga sekelompok orang tersebut melestarikannya. Kata "Tradisi" diambil dari bahasa latin "Tradere" yang bermakna mentransmisikan dari satu tangan ke tangan lain untuk dilestarikan.

Berikut tradisi – tradisi di pulau seribu yang belum banyak orang ketahui :

1.    Sedekah laut 

 

Sedekah laut menjadi tradisi yang paling populer di kalangan masyarakat pulai seribu, karena kebanyakan mereka bertempat tinggal di kepualauan dan laut sehingga pencahariann utama masyarakatnya adalah di Laut.

Sedekah Laut ini dilakukan sebagai bentuk syukur atas hasil laut yang didapat dan berharap adanya kesejahteraan dan keselamatan. Tradisi ini dilakukan dengan berlayar ke tengah laut dan melarungkan beberapa jenis makanan yang disiapkan. Tradisi ini memangtidak dilakukan secara rutin. Namun tetap dilestarikan pada momen tertentu.

 

 

2.     selam mutiara

Tadisi selam mutiara adalah sejenis perlombaan untuk menyelam ke dasar laut untuk menemukan barang yang telah disembunyikan oleh panitia perlombaan.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tentang Penulis
Recent Articles
Sep 20, 2021, 11:53 AM - Nur Alfu Khoiriah
Sep 17, 2021, 2:10 PM - Nani Triastuti