Asyiknya Nongkrong di Danau Kampus UNESA (Universitas Negeri Surabaya)

Mahasiswa mana yang tidak kenal dengan kampus UNESA. Kalau kamu pernah kuliah di Surabaya Jawa Timur pasti tidak asing dengan nama kampus yang satu ini. Sebuah kampus yang LDR dengan kekasihnya karena harus dipisahkan menjadi dua bagian dengan jarak yang amat jauh walaupun masih dalam satu kota. UNESA memiliki kepanjangan Universitas Negeri Surabaya yang dulunya bernama IKIP (Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan). Kampus satu berlokasi di Jl. Ketintang, Ketintang, Kec. Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur dan kampus dua di Jl. Lidah Wetan, Lidah Wetan, Kec. Lakarsantri, Kota Surabaya, Jawa Timur. Keduanya memiliki sebuah danau yang dapat menjadi ajang refreshing para mahasiswa maupun warga sekitar.

Danau Unesa Ketintang

Kampus Unesa Ketintang memiliki danau yang sangat terlihat banyak ikannya, biasanya pengunjung sangat suka memberi makan ikan disana yang membawa makanan ikan sendiri dari rumah mereka masing-masing. Sekali lempar beberapa butir makanan, ikan-ikan pada berebut ramai sekali layaknya masyarakat yang berebut beras sumbangan. Di sekitar danau tersebut dilengkapi dengan taman-taman yang sangat cocok untuk jalan-jalan, joging maupun selfi disini. Namun sayangnya tidak ada penjual makanan di sekitar wisata ini, jadi pengunjung harus membawa makanan sendiri dari rumah.

Weekend merupakan hari yang spesial bagi para pekerja maupun pelajar. Nah, mereka menyempatkan hari itu untuk refreshing di wisata gratis ini dalam rangka menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada hari inilah wisata ini paling ramai dikunjungi.

Danau Unesa Lidah Wetan

Unesa Lidah Wetan memiliki tanah yang lebih luas dan leluasa. Gedung-gedungnya pun belum begitu padat, sehingga masih banyak tanah kosong di dalam lokasi kampus tersebut, apalagi telah memiliki danau yang lebih luas nan sejuk. Oleh karena itu kampus Unesa Lidah Wetan menjadi sorotan bagi banyak kalangan masyarakat.  Letaknya yang tepat di sebelah timur kampus yang bersebelahan dengan gerbang utama dan jalan menuju kawasan Citraland. Tempat tersebut sangat menjadikan fasilitas nongkrong untuk para pengguna jalan dan para mahasiswa maupun warga yang ingin berkunjung kesana. Setelah seharian capek belajar dan bekerja, tempat inilah yang menjadi solusinya.

Pepohonan rindang yang mengelilingi danau dan sekitar jalan raya, dilengkapi para pedagang kaki lima yang berjajar di pinggiran danau. Dengan digelari tikar-tikar kecil, pengunjung dapat menikmati makanan dan minuman mereka sambil merasakan sejuknya angin danau.

Semakin lama kondisi pemandangan danau ini semakin baik, karena dilakukan perenovasian;

“Sebelum tahun 2018, pemandangan danau ini tidak seindah sekarang, karena masih kecil dan dangkal, tepi danau belum rapi dan bersih karena masih banyak rumput-rumput liar yang amat lebat dan tiggi di sekeliling danau. Kemudian pada tahun 2018 atau waktu saya mau lulus kuliah, danau ini mulai direnovasi dengan ditambahkan kedalamannya dan dilebarkan lagi, rumput-rumput liar di tepi danau telah dirapikan dengan ditambahkan plester di tepi danau yang bersebelahan dengan jalan raya agar terlihat rapi dan bersih, sehingga pengunjung dengan nyaman bersantai melihat pemandangan danau”, kata salah seorang mahasiswa Unesa yang sering bahkan suka nongkrong di danau ini. 

Mulai pagi sampai malam wisata danau ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi di akhir pekan karena semua aktifitas kerja maupun kuliah telah libur. Di hari Minggu pagi warga sekitar memanfaatkan untuk berolahraga, sedangkan para pedagang kaki lima mulai berdatangan untuk menggelar dagangan mereka. Setelah capek berolahraga mereka mengisi istirahatnya dengan duduk-duduk di tikar yang sudah di sediakan oleh para pedagang kaki lima sambil menikmati makanan dan minuman yang mereka jual. ada juga pemuda-pemuda maupun bapak-bapak yang suka memancing di danau ini, karena bagi mereka memancing di danau tersebut sangatlah banyak manfaatnya, selain kita bisa mendapatkan ikan, sambil menunggu kita juga bisa menikmati pemandangan dan sejuknya danau tersebut, ikannya pun dapat kita jadikan lauk nantinya setelah sampai dirumah.

Hari semakin siang kemudian sore, semakin matahari tenggelam maka suasana wisata danau Unesa ini semakin ramai pengunjung karena semakin teduh dan sejuk. Lampu-lampu kota dan gedung-gedung kampus Unesa yang berkedip-kedip di malam hari menambah keindahan danau dan menjadikan enggel selfi semakin menarik.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

lahir di Tuban, 11 April 1995. telah menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Sunan Ampel Surabaya, jurusan Sejarah Peradaban Islam pada tahun 2017. telah menjelajahi berbagai profesi seperti bisnis, guru dan penulis.

Recent Articles
Sep 20, 2021, 11:53 AM - Nur Alfu Khoiriah
Sep 17, 2021, 2:10 PM - Nani Triastuti