Beribadah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Bonus Wisata dan Ilmu

Beribadah di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Bonus Wisata dan Ilmu. -- Masjid merupakan sebuah tempat untuk beribadah bagi orang muslim, beribadah pun tidak hanya sholat tapi juga membaca Al-qur’an, menuntut ilmu, beramal, menikah, menjaga kesehatan, begitu juga dengan menyegarkan pikiran (refreshing) dsb.

Di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, umat muslim dapat melakukannya ibadah-ibadah yang disebutkan di atas. Lokasi masjid yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dan fasilitas umum sehingga sangat mudah ditempuh oleh siapapun yang ingin beribadah di situ. Seberang jalan sebelah barat masjid terdapat kantor PWNU Jawa Timur dan SMPN 22 Surabaya, seberang selatan masjid terdapat hotel berbintang dan toko buku, sebelah utara lapangan dan masih banyak lagi fasilitas umum lainnya yang setia memberikan keramaian kepada masjid ini.

Sebuah masjid yang menempati peringkat terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal. Masjid ini terletak di Jl. KH. Hasyim Muzadi No.111, Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya. Bangunan yang super megah, lahan luas, bersih dan nyaman dan banyak fasilitas wisata maupun pendidikan yang disediakan untuk warga muslim sekitar. Konon katanya, masjid ini dibangun pada tahun 1995 atas gagasan Wali Kota Surabaya waktu itu, H. Soenarto Soemoprawiro.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh Wakil Presiden RI Try Sutrisno. Namun, karena krisis moneter pembangunannya dihentikan sementara. Pada tahun 1999, masjid ini dibangun lagi dan selesai pada tahun 2001. Kemudian diresmikan oleh Presiden RI KH. Abdurahman Wahid. Sampai sekarang terus diadakan pembangunan seperti penambahan fasilitas, penataan ruang, taman dll, sehingga semakin hari masjid ini semakin terlihat menawan.

Ciri khas yang dimiliki masjid ini yakni bentuk kubah yang menyerupai setengah telur dengan dikelilingi empat kubah kecil berbentuk limasan serta satu menara. Pintu masuk ke dalam ruangan tempat beribadah sholat yang tinggi dan besar, dan mihrabnya merupakan mihrab masjid terbesar di Indonesia.

Selain ciri khas, masjid ini juga memiliki fasilitas strategis, antara lain:

Pendidikan

Fasilitas pendidikan seperti Lembaga sekolah MI MAS (Masjid Al-Akbar Surabaya) dan Perpustakaan umum yang terletak bagian utara masjid dan menjorok ke bawah, pengajian rutin yang diisi oleh imam masjid sendiri, khutbah Jum’at yang diisi oleh guru-guru besar dari berbagai universitas ternama di Indonesia.

Aula

Ruangan khusus yang digunakan sebagai persewaan acara-acara besar seperti pengajian, pernikahan, perlombaan yang bernuansa Islami dll. Hampir setiap weekend terdapat janur kuning yang dipasang di depan gerbang masuk masjid, pertanda bahwa acara pernikahan telah digelar. Tamu undangan telah berbondong-bondong menghadirinya dengan busana dan kendaraan elit.

Perlombaan yang digelar di masjid ini biasanya lomba yang bernuansa Islami seperti Da’i, Pidato, MTQ, festival Sholawat, membaca kitab dll. Sedangkan pengajian apabila jama’ah bersifat kecil diadakan di aula, apabila jama’ah bersifat besar biasanya diadakan di halaman masjid. Pengisi pengajian pun berasal dari Kyai besar yang ada di Indonesia.

Taman

Selain dapat melakukan ibadah, di wilayah masjid ini kita dapat berwisata dalam rangka menyegarkan pikiran. Taman merupakan salah satu tempat refreshing yang dapat kita kunjungi. Terdapat dua taman yang tersedia disini yakni pertama, Edu park terletak di sebelah barat masjid, telah menyediakan wahana permainan khusus anak-anak dan tempat santai yang biasa digunakan pengunjung makan-makan setelah beraktifitas di sekitar masjid. Kedua, taman Asma’ul Husna terletak di depan masjid sebelah utara, merupakan taman yang baru launcing sekitar tahun 2020. Dengan desain yang futuristik  dan kekinian, taman ini memberikan spot-spot instagramable namun tetap memberikan nilai-nilai religiusitas. Seperti adanya pilar berbentuk piramida dan pilar-pilar bertuliskan asmaul husna, yaitu 99 nama baik Allah. Taman ini sengaja digagas dengan tujuan memakmurkan masjid dan mendekatkan masjid pada masyarakat terutama kawula muda.

Halaman masjid

Melihat luasnya halaman mulai dari depan hingga belakang, belum lagi diluar pagar. Sehingga, pengunjung tidak kesulitan untuk memarkir kendaraan mereka, karena telah disediakan tempat khusus parkir sepeda maupun mobil, bahkan sering digunakan sebagai tempat penitipan kendaraan bagi para guru maupun siswa SMPN 22 Surabaya yang letaknya tidak jauh dari kawasan masjid. Banyaknya pepohonan yang ditanam di sekitar halaman membuat suasana sejuk dan nyaman, biasanya pengunjung memanfaatkan suasana tersebut dengan berolahraga. Sering juga ditempati untuk pengajian besar dalam rangka memperingati hari besar Islam, tidak jarang pula jama’ah memenuhi halaman masjid yang luas ini.

Serta trotoar yang panjang mengelilingi pagar masjid di bagian luar, di situlah biasanya olahragawan-olahragawati jogging, karena lebih leluasa sambil mengitari bangunan masjid dari depan sampai belakang lalu ke depan lagi, tapi perlu dihati-hati karena sebelah kiri masjid terdapat selokan yang amat dalam dan trotoar sebelah selatan masjid berdekatan dengan jalan besar yang dilewati banyak kendaraan.

Para pengunjung tertarik untuk melakukan jalan-jalan, olahraga, nongkrong bahkan sekedar berwisata di tempat ini. Banyak pula pengunjung dari luar kota, provinsi maupun warga sekitar masjid. Biasanya pengunjung dari luar kota yang sekedar berwisata, dapat memanjakan diri dengan menikmati pemandangan sekitar masjid yang dilihat dari atas menara. Di atas menara tersebut, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar masjid yang di lihat dari atas menara. Untuk naik ke atas menara, kita bisa menggunakan lift yang telah disediakan di dalam menara tersebut.

Melihat ramainya pengunjung menjadi kesempatan bagi para pedagang untuk membuka stand di sekitar masjid ini. Para pedagang kaki lima berjajar membuka stand di sekitar trotoar mulai dari penjual makanan, minuman, pakaian, mainan anak-anak dll. Apalagi di malam hari yang suasananya lebih sejuk dan mendukung tanpa hujan, mereka semakin semangat meramaikan dengan menggelar tikar yang disediakan untuk konsumen dan banyak juga stand-stand wahana permainan anak-anak.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

lahir di Tuban, 11 April 1995. telah menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Sunan Ampel Surabaya, jurusan Sejarah Peradaban Islam pada tahun 2017. telah menjelajahi berbagai profesi seperti bisnis, guru dan penulis.