Bubur Jagung, Makanan Tradisional Yang Selali Bikin Ketagihan

Bubur Jagung, Makanan Tradisional Yang Selali Bikin Ketagihan – Kedengarannya remeh, tapi siapa sangka bahwa makanan tradisional yang satu ini membuat kerongkongan tidak berhenti menelan.

Jagung merupakan salah satu makanan pokok selain beras, yang konon katanya pada jaman sebelum penjajahan Belanda adalah sebagai makanan pokok orang Indonesia. Akhirnya posisinya digantikan oleh beras, tapi sampai sekarang jagung masih bersinar.

Berbagai macam olahan jagung selalu enak salah satunya adalah bubur jagung ini. Tekstur bubur jagung sangat lembut sehingga tidak perlu dikunyah terlalu lama sudah bisa ditelan. Rasanya yang gurih tidak membuat lidah bosan bergoyang.

Manfaat bubur jagung untuk kesehatan

Biasanya bubur menjadi makanan favorit orang sakit, karena nafsu makan telah berkurang dengan makanan lain. Begitu juga bayi yang masih belum tumbuh giginya, bubur adalah makanan pertama mereka.

Jika membahas tentang manfaat bubur jagung, tidak lupa menyinggung manfaat dari jagung itu sendiri, karena bahan dasar dari bubur jagung ini adalah jagung yang dihaluskan.

Selain cara pengolahan jagung yang begitu mudah, ternyata jagung juga disukai banyak orang karena harganya yang relatif murah dan baik untuk kesehatan. Karena kandungan yang dimiliki dari jagung sendiri sangat banyak yaitu karbohidrat, protein, vitamin A dan C, mangan. Kalsium, zat besi, kalium, serat, magnesium, fosfor, tembaga dan seng.

Berikut manfaat dari mengkonsumsi jagung:

Mencegah Anemia

Anemia merupakan kondisi hemoglobin dalam darah yang di bawah normal. Untuk mengatasi Anemia, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, vitamin B12, asam folat dan mineral lainnya.

Nah, agar terhindar dari penyakit tersebut, alangkah baiknya jika mengkonsumsi makanan yang yang mengandung nutrisi seperti yang disebutkan di atas, salah satunya adalah jagung. Bubur jagung adalah olahan berbahan jagung yang wajib dicoba.

Mencegah Diabetes

Diabetes adalah kondisi hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan kadar gula darah. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mengatur pola makan, karena jika tidak maka kadar gula akan naik drastis.

Berdasarkan kepercayaan medis, kasus diabetes yang sering terjadi adalah diabetes tipe 2, dan dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat.

Salah satu penerapan hidup sehat adalah mengganti nasi putih dengan jagung, karena dengan mengkonsumsi jagung secara teratur dapat membantu mengelola insulin pada penderita diabetes.

Memperbaiki sistem pencernaan

Dengan mengkonsumsi jagung dapat memperlancar buang air besar, menghindari sembelit, wasir dan kanker usus besar. Karena diketahui bahwa jagung adalah makanan yang kaya akan serat, baik larut maupun tidak larut, serat larut yang mampu memblokir penyerapan kolesterol.

Meningkatkan daya ingat

Ternyata jagung juga dapat meningkatkan daya ingat loh. Dengan kandungan Thiamine dan vitamin B1, sehingga dapat meningkatkan kemampuan ingatan dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan ingatan.

Cara mengolah jagung menjadi bubur

Setelah membahas tentang nutrisi yang dimiliki jagung, pembahasan selanjutnya yaitu pengolahan jagung menjadi bubur jagung yang menjadi inti dari artikel ini.

Langkah pertama sebelum memasak bubur jagung, pastikan anda menyiapkan bahan-bahan simpel sebagai berikut:

  • Jagung dihaluskan
  • Santan Kelapa
  • Garam
  • Gula merah/gula pasir

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, barulah anda bisa langsung capcus memasak dengan panduan cara memasak di bawah ini.

  • Jagung yang sudah dihaluskan diperas terlebih dahulu agar tekstur bubur tidak kasar.
  • Masukkan ke dalam panci bersama santan kelapanya.
  • Nyalakan api sedang, dan langsung diaduk terus menerus agar tidak menggumpal.
  • Beri garam secukupnya, pastikan jangan terlalu asin untuk menghasilkan bubur jagung yang nikmat, kemudian aduk-aduk lagi.
  • Setelah rasa sudah pas dan sudah masak, bubur siap diangkat dan disajikan ke dalam piring kasayangan anda.
  • Di atas sajian taburkan potongan gula merah atau gula pasir sesuai selera anda.

Bubur jagung lebih nikmat apabila disantap saat masih hangat, karena membuat tubuh lebih segar dan nyaman di lambung. Teksturnya yang lembut, sehingga mudah dicerna.

Selain itu bubur jagung ini telah menjadi favorit orang yang sedang tidak enak badan dan orang nyidam.

Kesimpulan

Inilah beberapa informasi seputar jagung dan olahan bubur jagung. Semoga dapat menjadi referensi anda saat bingung akan mengolah jagung. Terimakasih telah berkunjung di Pesona Indonesia.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tentang Penulis

lahir di Tuban, 11 April 1995. telah menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Sunan Ampel Surabaya, jurusan Sejarah Peradaban Islam pada tahun 2017. telah menjelajahi berbagai profesi seperti bisnis, guru dan penulis.