Cita Rasa Sate Buntel di Galabo Solo

Cita Rasa Sate Buntel di Galabo Solo. -- Solo merupakan salah satu kota yang penuh akan budaya dan tradisi yang menarik dalam sejarah dan sebagainya. Hal ini karena Solo masih menyimpan banyak sekali ragam budaya serta dikenal dengan sebutan kota batik. Selain itu, Solo juga memiliki banyak jenis makanan khas yang sulit ditemukan di luar kota Solo, salah satunya adalah sate buntel.  

milik pribadi

 

Bahkan Solo juga memiliki tempat wisata kuliner yang sangat terkenal sejak dahulu yaitu Gladag Langen Bogan yang dikenal sebagai Galabo. Wisata kuliner ini dibuka sejak tahun 2008 lalu, ditempat ini juga terdapat banyak hiburan seperti keroncong, band dan sebagainya. Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda temui di tempat ini, dengan harga yang murah. 

 

Sate Buntel Galabo Solo

Galabo memang menjadi pusat wisata kuliner yang terkenal di Solo, banyak pengunjung dari luar kota yang menjadikannya sebagai destinasi wisata. Di tempat ini pengunjung bisa mencicipi berbagai macam kuliner yang dijajakan oleh penjual kaki lima, salah satu menu yang selalu diminati yaitu sate buntel.

 

milik pribadi

Selain di Galabo, sate buntel juga banyak dijual di tempat lain yang tentu masih di daerah Solo. Sate ini merupakan salah satu makanan khas di kota Solo dengan keunikan dan cita rasa satenya yang berbeda dari sate biasanya. Sate ini diolah menggunakan daging kambing yang sudah dicincang lalu dibungkus menggunakan lemak kambing untuk dibakar. 

 

Buntel sendiri memiliki arti dalam bahasa Indonesia yang merupakan bungkus, sate ini dibuat menggunakan resep yang khas sehingga menghasilkan cita rasa berbeda. Sate buntel sendiri memiliki rasa yang sangat lezat, sehingga tidak heran jika menjadi salah satu makanan khas yang banyak digemari oleh warga Solo, atau pengunjung luar kota. 

 

Umumnya sate ini memiliki porsi yang cukup besar dari sate lainnya di Indonesia, dan disajikan menggunakan nasi panas yang dimasak tidak terlalu keras. Satenya yang telah dicincang dan diberi bumbu kemudian dibentuk menjadi sebuah kepalan pada tusuk bambu yang berasal dari bambu dan lebih besar dari tusuk sate biasanya. 

 

Hal ini karena memiliki fungsi agar kepalan sate tersebut menempel dengan baik sehingga daging sate tersebut membentuk sempurna. Proses memasaknya pun dengan membakar sate pada panggangan sate biasa hingga lapisan pada lemak kambing meleleh. Sate buntel biasanya disajikan dengan saus kecap dan bumbu pelengkap.

 

Cita Rasa Sate Buntel Solo

 milik pribadi

Jika Anda ingin menikmatinya sangat disarankan untuk menyantapnya saat masih panas, sebab ketika masih panas lemak pada sate masih meleleh dan dapat menambah cita rasanya. Sementara jika sudah dingin, maka lemak akan menempel apa daging yang membuat rasanya nikmat. 

 

Umumnya cita rasa pada makanan ini sangat gurih, dan berbeda dari hidangan sate biasanya, yaitu lebih unik. Hal tersebut dikarenakan paduan rasa dari rempah-rempah pada bumbu sate yang membuatnya terasa lebih lezat. Sehingga tidak heran jika menjadi salah satu makanan yang banyak disukai dan dijadikan kuliner khas daerah Solo. 

 

Jika pada sate biasa yang memiliki daging yang padat dan sedikit lebih keras maka berbeda dengan kuliner ini. Tekstur daging pada sate buntel Galabo ini juga terasa sangat empuk karena dicincang halus, sehingga tidak keras saat disantap. Selain itu bungkusan lemaknya yang meleleh juga menambah kenikmatan rasa sate buntel tersebut. 

 

Lokasi Galabo dan Harga Sate Buntel

 

Makanan khas Solo yang satu ini sangat sulit ditemukan di luar kota Solo, jika adapun harganya mungkin terbilang lebih mahal. Jika Anda saat ini sedang berlibur di kota Solo tidak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas tersebut di tempat wisata kuliner yaitu Galabo. Tempat ini memiliki kuliner sate buntel yang sangat lezat.

 

Lokasi Galabo sendiri sangat strategis karena berada di tengah kota, tepatnya di Jalan Kapten Mulyadi, Desa Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon. Letaknya yang berada di tengah kota memiliki tujuan agar para pelancong dan pengunjung dari luar untuk datang menikmati berbagai macam kuliner khas yang berada di Solo. 

 

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi sate buntel ini sendiri sangat murah dan terjangkau. Umumnya satu porsi sate dihargai sekitar 25.000 rupiah, namun rasa yang didapatkan pada sate sangat lezat. Sehingga banyak dijadikan sebagai kuliner khas yang paling banyak digemari dan disukai oleh setiap orang yang berkunjung.30

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Lelaki Hujan yang pantang menyerah mengulum waktu dan hujan yang dibuatnya