Ini 6 Olahan Buah Markisa: Unik dan Bisa Jadi Ide Bisnis

Ini 6 Olahan Buah Markisa: Unik dan Bisa Jadi Ide Bisnis - Buah yang satu ini memang terdiri dari beberapa jenis. Jenis manisnya atau yang banyak terdapat di pasaran adalah markisa konyal, memang sangat enak dan manis apabila Anda makan begitu saja.  Namun, selain jenis markisa konyal, rasa buah ini sangatlah asam dan tidak bisa Anda makan secara langsung.

Walau tidak bisa Anda nikmati secara langsung, buah yang kaya manfaat ini dapat Anda olah menjadi beberapa makanan dan minuman yang sangat enak dan lezat. Olahan makanan dan minumannya sendiri dapat menjadi ide bisnis yang dapat Anda kembangkan dan menghasilkan banyak keuntungan.

Tak hanya itu, olahan buah markisa ini tidak hanya berasal dari daging buahnya saja. Kulit buahnya pun dapat diolah menjadi makanan yang disukai banyak orang. Apa saja makanan dan minuman yang bisa dihasilkan dari buah yang satu ini.

1. Sirup dari Buah Markisa

Buah yang kaya antioksidan ini memang banyak dibuat sirup. Jenis markisa yang biasa dibuat sirup adalah dari jenis markisa ungu dan markisa kuning. Adapun cara membuat sirup markisa adalah ambil 650 gram daging buahnya, lalu blender dengan air 1 liter.

Saring sari markisa, agar bijinya tidak terbawa, kemudian masak sari buah markisa tersebut dengan dengan gula 500 gram hingga mendidih.  Tunggu hingga dingin, sirup markisa siap untuk Anda nikmati.

2. Es Krim Markisa

Untuk olahan buah markisa es krim, Anda bisa membuatnya dalam 2 versi. Versi pertama, Anda bisa membuat es markisa dari sirup markisa yang dibekukan. Kedua, Anda bisa membuatnya dengan penambahan susu atau krim untuk membuat tekstur es lebih lembut dan creamy.

3. Permen Markisa Garing dan Kenyal

Siapa yang tidak menyukai permen? Tentu hampir semua orang menyukai permen, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda dapat membuat permen dari buah markisa, tentunya ini tidak hanya membuat anak-anak suka akan rasanya, tetapi juga dapat membuat mereka lebih sehat.

Cara membuat permen dari buah markisa ini juga sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan buah beberapa markisa yang telah diblender dan diambil sarinya, agar-agar putih, nutrijel putih, gula 1 gelas dan air 1 gelas. Masak semua bahan, sambil terus Anda aduk hingga mendidih.

Tempatkan adonan dalam loyang tipis, biarkan mengeras. Setelah keras, potong-potong adonan sesuai selera, lalu oven dengan api kecil. Olahan buah markisa permen jeli siap Anda nikmati. Jika Anda ingin membuat permen dengan tekstur yang keras, Anda bisa mengabaikan agar-agar dan nutrijel sebagai bahan adonan permennya.

4. Bolu Keju Markisa

Bolu keju atau yang biasa kita kenal dengan nama cheese cake, memang bisa Anda tambahkan dengan beraneka ragam buah. Salah satu buah yang punya paduan rasa pas adalah markisa. Cheese cake markisa bisa Anda coba, karena selain menghasilkan rasa yang unik, bolu keju ini juga sangat lembut dan cocok untuk camilan sore hari.

5. Kripik Kulit Markisa

Untuk kripik markisa, Anda bisa membuatnya dari kulit markisa. Walaupun rasa kulit markisa sedikit pahit, karena mengandung getah. Namun, getah tersebut tidak berbahaya, dan kulitnya tetap mengandung antioksidan tinggi yang baik untuk tubuh.

Adapun cara menghilangkan getah markisa adalah dengan cara merendam kulit markisa yang telah Anda potong-potong dan bersihkan dengan kapur sirih. Setelah itu campur kulit dengan tepung dan telur. Goreng hingga menjadi kripik yang crispy dan renyah. Itulah olahan buah markisa yang unik, namun bisa laris di pasaran.

6. Selai Buah Markisa

Satu lagi inovasi dari buah markisa yang tak kalah enaknya adalah selai. Selai dari buah markisa ini tidak hanya enak, tetapi juga bisa Anda gunakan sebagai toping roti untuk sarapan. Adapun cara membuat selai markisa sangatlah mudah.

Pertama-tama, siapkan 15 buah markisa. Kemudian blender dan saring hingga mendapatkan sari buah markisa. Masak dengan 200 gram gula pasir, aduk terus hingga matang dan mendapatkan tekstur selai yang Anda inginkan. Simpan selai dalam toples, selai siap Anda gunakan sebagai toping.

Demikian olahan buah markisa yang tidak hanya enak, tetapi juga bisa jadi ide jualan Anda. Silakan Anda coba membuatnya dan pilih mana ide bisnis yang bisa Anda kembangkan lebih lanjut dari buah yang satu ini.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Saya adalah ibu dari 4 orang anak yang suka menulis dan mencintai tulisan. Buku Solo pertama saya berjudul Serba Serbi Teh, namun saya lebih senang menulis artikel dan menjadi penulis konten. Selamat menikmati tulisan-tulisan saya ya, jangan ragu untuk memberikan saran dan kritik membangun, oke.