Jalan - Jalan di Royal Plaza Surabaya Tidak Menguras Kantong

Jalan - Jalan di Royal Plaza Surabaya tidak menguras kantong. -- Kamu orang Surabaya atau pernah merantau di Surabaya? Pasti sudah pernah mendengar bahkan sering berkunjung ke Royal Plaza.

Royal Plaza merupakan salah satu pusat perbelanjaan Surabaya Selatan yang terletak di Jl. Jendral Ahmad Yani No. 16-18, Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur. Yang dibangun pada tanggal 7 Oktober 2006 oleh Pakuwon Group kemudian dikembangkan oleh PT. pakuwon Jati Tbk. Terdiri dari enam  lantai yakni LG, G, UG, L1,L2, L3 dan empat pintu yakni pintu Utama, pintu Selatan, pintu Utara dan Lobby LG. Lobby LG merupakan pintu baru dibuat pada tahun 2020 terletak di bagian paling selatan mall menuju lantai LG. sedangkan pintu utama, Selatan dan Utara menuju lantai G.

Lokasi mall terletak di tengah-tengah pemukiman penduduk dan berdekatan dengan beberapa kampus di Surabaya, yaitu UNESA, UINSA, UBARA dan UNUSA, dan beberapa sekolah swasta. Sehingga tidak pernah sepi dari pengunjung mulai dari anak-anak, remaja, mahasiwa hingga orang tua. Mereka lebih suka berjalan-jalan, makan-makan, hingga bermain-main di Mall ini, karena tempatnya yang sangat strategis, bangunannya yang tidak terlalu menjulang tinggi atau mewah dibanding dengan mall lain yang ada di Surabaya, tempatnya yang bersih, mudah dijangkau karena terletak di tengah-tengah keramaian penduduk kota Surabaya Selatan, fasilitas yang memadai sehingga pengunjung mudah melakukan apapun di dalam mall. Tempat parkir motor dan mobil yang luas sehingga pengunjung leluasa memarkirkan kendaraannya. Bahkan warga sekitar mall juga menyediakan banyak tempat parkir motor diluar gedung mall, sehingga tidak khawatir apabila parkir mall penuh.

Tenant-tenant ternama telah menyewa stand pusat perbelanjaan ini seperti Matahari, Pojok Batik, Ace Harware, Sport Station, informa, AW, KFC, Reechees, Hoka-Hoka Bento, Pizza Hut, Gramedia yang merupakan toko buku terlengkap di Surabaya Selatan, Cinema 21 dll.

Selain itu yang paling menarik perhatian adalah harga barang-barang yang dijual sangat murah dan banyak sekali macamnya.

Pakaian

Pakaian serba harga Rp. 35.000 hingga ratusan ribu banyak dijual di mall ini. Pakaian serba Rp. 35.000 itulah yang sering diserbu oleh para remaja perempuan, karena modelnya yang tidak kalah dengan pakaian mahal yang membedakan hanyalah bahannya. Penyerbunya pun kebanyakan para mahasiswa yang telah kuliah di kampus sekitar mall, bahkan sering sekali mahasiswa luar kota yang hanya ingin berjalan-jalan di mall ini.

Foodcourt

Merupakan tempat makan yang disediakan di setiap mall. Nah, foodcourt milik Royal Plaza ini sangat luas hampir satu lantai mall dipenuhi meja kursi pelanggan dan outlet makanan yang terletak di L3 atau lantai 3 tersedia mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Soal harga jangan ditanya murahnya, murah banget. Camilan dengan harga Rp. 5000 ditambah minuman Rp. 3000 sudah bisa dinikmati sambil melihat-lihat pemandangan mall dan air hujan yang menempel di jendela kaca mall. Karena saking murahnya, sehingga sering sekali digunakan untuk buka puasa bersama atau makan bersama oleh kalangan pelajar maupun pekerja.

Tempat ibadah

Tempat ibadah telah dilengkapi disini, yakni Mushola, Masjid dan Gereja. Mushola yang disediakan setiap lantai karena mengingat mayoritas pengunjung beragama Islam, dan juga masjid besar Al-Hijrah yang sangat strategis dan sejuk yang terletak di lantai paling atas bersebalahan dengan tempat parkir mobil, masjid ini terkenal masjid mall terbesar di Indonesia. Setiap bulan Ramadhan selalu ada takjil gratis yang disediakan oleh masjid Al-hijrah dan beberapa tenant foodcourt, selain di bulan Ramadhan juga sering disediakan pada hari Senin & Kamis. Selain itu juga disediakan dua Gereja yang terletak di lantai 3 dan UG.

Pusat pelayanan masyarakat

Ini nih  yang belum pernah ditemukan di mall-mall lain se-Indonesia bahkan dunia, yakni pusat pelayanan publik seperti KTP Smart Office, Samsat Corner, Pegadaian, Disperindag. Pelayanan perbankan yang terdiri dari BRI, Mandiri dan BNI Galerry dan jasa pengiriman barang JNE.

Selain fasilitas diatas, apabila pengunjung capek jalan-jalan, berbelanja, beraktifitas, kerja, bisa mampir pijat refleksi disini. Kehabisan uang saat belanja, tinggal tarik tunai ke ATM Center yang terletak di lantai UG. Mau pilih-pilih Handphone tinggal naik ke lantai 2 yang tersedia berbagai macam merk Handphone. Dua atrium di lantai G/Ground yang disewakan untuk berbagai event-event seperti acara perlombaan, fashion show, teater, dance, pameran dll. Moment itulah yang sangat menghibur pengunjung dan membuat betah di dalam mall sampai hampir tutup sekalipun. 

Nah, seiring berjalannya waktu daya tarik pengunjung semakin kuat karena banyak renovasi, semakin bersih dan rapi, dan juga bertambahnya tenant kuliner yang memenuhi lantai LG.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tentang Penulis

lahir di Tuban, 11 April 1995. telah menyelesaikan pendidikan S1 di UIN Sunan Ampel Surabaya, jurusan Sejarah Peradaban Islam pada tahun 2017. telah menjelajahi berbagai profesi seperti bisnis, guru dan penulis.

Recent Articles
Sep 20, 2021, 11:53 AM - Nur Alfu Khoiriah
Sep 17, 2021, 2:10 PM - Nani Triastuti