Keindahan Destinasi Wisata Alam Kabupaten Malang, Sumber Maron

Keindahan destinasi wisata alam Kabupaten Malang, Sumber Maron  - Berbicara soal destinasi wisata di Kabupaten Malang memang tiada habisnya. Artikel kali ini akan mengulas mengenai keindahan destinasi wisata alam Sumber Maron. Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika pergi berlibur ke Kota Malang. Udara yang sejuk, pemandangan yang asri, serta air terjun yang menawan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Sebelum menjadi tempat wisata, Sumber Maron menjadi salah satu sumber mata air bagi petani. Lokasinya pun sempat dijadikan untuk menanam kangkung oleh masyarakat setempat. Sampai akhirnya, pada tahun 2012 Bupati Malang meresmikan wisata Sumber Maron sekaligus PLTMH sebagai sumber listrik masyarakat. Nah, berikut ulasan mengenai alamat, jam operasional, harga tiket, serta wahana menarik dari wisata alam Kabupaten Malang, Sumber Maron. Yuk, simak informasinya berikut ini.

Alamat wisata alam Sumber Maron

Sumber Maron berlokasi di daerah Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Tepatnya di Desa Karangsuko, Dusun Adi Luwih. Jika Anda berangkat dari Kota Malang kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Untuk rutenya, dari kota Malang pergi ke arah Gondanglegi. Kemudian lanjut ke Desa Karangsuko hingga tiba di SDN 2 Karangsuko. Sekitar 100 meter Anda akan menemukan perempatan jalan. Belok lah ke arah kanan dan ikuti petunjuk arah yang tersedia di sana. Untuk lebih mudah, Anda dapat mengunakan bantuan google maps dan bertanya ke warga sekitar.

Jam operasional Sumber Maron

Wisata Sumber Maron buka setiap hari. Mulai dari pukul 07.00 dan tutup pada pukul 18.00 WIB. Namun, karena pandemi COVID Sumber Maron masih tutup untuk sementara waktu. Jadi, terus pantau informasi terbaru mengenai waktu wisata kembali dibuka.

Harga tiket wisata Sumber Maron

Biaya yang dibutuhkan untuk berlibur ke Sumber Maron sangat terjangkau. Untuk pembayaran tiket Anda perlu membayar 5 ribu per-orang. Jika Anda menggunakan sepeda motor, akan dikenakan biaya parkir 3 ribu per- unit. Sementara itu, untuk parkir kendaraan roda empat sebesar 5 ribu per unit.

Untuk menikmati fasilitas berupa ban, loker serta toilet Anda perlu membayar lagi. penyewaan ban sesuai ukuran dimulai dengan harga 3 ribu hingga 7 ribu saja. Sedangkan untuk penyewaan loker sebagai tempat penyimpanan ketika berenang, Anda perlu membayar 5 ribu per-loker. Rincian harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan dari pengelola.

 Fasilitas wisata Sumber Maron

Fasilitas yang disediakan di Sumber Maron cukup lengkap. Mulai dari parkir kendaraan, kamar mandi, ruang ganti pakaian, mushola, serta warung makan. Selain itu, pihak penglola Sumber Maron juga menyediakan penyewaan ban untuk river tubing serta loker untuk penyimpanan barang ketika pengunjung bermain air.

Wahana menarik wisata alam Sumber Maron

Sumber Maron memiliki wahana yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Seperti air terjun grojogan sewu, river tubing, terapi ikan, flying fox, dan masih banyak lagi. Nah, simak ulasan berikut ini untuk informasi lebih lengkapnya. 

1.      Air Terjun Grojokan Sewu

Wahana menarik pertama yaitu air terjun yang berada di tengah aliran sungai. Namanya air terjun Grojokan Sewu. Berbeda dengan air terjun lainnya, Grojokan Sewu memiliki kemiringan 60 derajat dengan tinggi 6 meter. Sehingga, menjadi spot foto menarik bagi wisatawan dengan latar belakang batuan-batuan besar. Tentunya, Anda harus tetap berhati-hati untuk menjaga keselamatan.

2.      River Tubing

Selain bermain di bawah air terjun, hal menarik lainnya yakni bermain river tubing bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda. Aliran air yang deras serta batuan yang besar akan membuat permainan menjadi lebih seru. Untuk menjaga keselamatan, ada penjaga yang selalu mengawasi para pengunjung. Pihak pengelola juga menyediakan fasilitas seperti penyewaan ban berbagai ukuran dengan harga yang terjangkau.

3.      Terapi Ikan

Spot favorit para pengunjung selanjutnya yaitu terapi ikan untuk kesehatan. Biasanya spot ini ramai di kunjungi oleh orang tua. Pengunjung akan dimanjakan oleh terapi ikan kecil-kecil. Rasakan sensasi geli yang mana ikan akan mengerubungi kaki Anda. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

4.      Flying fox 

Jika Anda menyukai permainan yang menguji adrenalin, Anda dapat mencoba permainan flying fox. Areanya berada tepat di atas aliran sungai wisata alam Sumber Maron. Sehingga, akan menambah suasana menegangkan dan seru. Anda juga dapat melihat keindahan pemandangan dari atas. Menarik bukan?

5.      Wisata Edukasi PLTMH

Selain wisata alam, Sumber Maron juga menyediakan wisata edukasi. Seperti yang telah disebutkan bahwa masyarakat memanfaatkan air terjun sebagai tenaga untuk PLTMH atau Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Pembangkit listrik ini telah dibangun sejak 2005 dan telah memberikan banyak manfaat untuk warga sekitar.

Nah, itulah ulasan mengenai wisata alam Kabupaten Malang Sumber Maron. Dengan infromasi di atas semoga dapat memberi inspirasi untuk Anda dalam memilih tempat berlibur sesudah pandemi berakhir. Tetap jaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan. Semoga bermanfaat.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Creative Writer