Kuliner Menarik Khas Banyuwangi Ini Wajib Dicoba

Kuliner Menarik Khas Banyuwangi Ini Wajib Dicoba. -- Bagi kamu yang sedang ada di Banyuwangi atau sedang melakukan perjalanan lewat kota Banyuwangi ini, maka lebih baik coba kulinernya yang simple tetapi menarik. Bukan hanya obyek wisatanya saja di kota Banyuwangi seperti Taman Baluran atau kawah Ijen yang populer. Rasanya pergi ke Banyuwangi kurang lengkap kalau tidak mencoba kuliner khas kota Banyuwangi tersebut. Berikut ini ada beberapa hidangan kuliner yang menarik dan populer untuk kita coba.

1. Sego Cawuk

Makanan bernama unik satu ini yaitu sego cawuk biasanya lebih mudah untuk ditemukan pada saat waktu sarapan. Sepiring sego cawuk ini berisi pipilan jagung, bumbu yang cukup pedas dan taburan kelapa. Lalu kemudian sego atau nasi ini disiram dengan memakai kuah gurih yang rasanya sedikit manis agar bisa menambah kenikmatan rasanya. Kuah sego cawuk ini sendiri biasa disebut di sana sebagai kuah pindang. Lauk sego cawuk ini sendiri bisa kamu pilih sendiri. Ada lauk ikan, telur dan lauk lainnya sebagai pelengkap sego cawuk tersebut.

Sego Cawuk

2. Rujak Soto

Soto tentunya merupakan salah satu hidangan Nusantara terkenal yang mempunyai banyak sekali jenis. Kalau soto di Banyuwangi, ada keunikan tersendiri karena terdapat kuliner yang merupakan perpaduan soto dan rujak. Tentunya kamu harus mencoba makanan yang sangat unik satu ini. Rujaknya sendiri khas dari Jawa Timur yaitu yang biasa memakai petis, dan isinya ada macam-macam sayuran dan untuk rujak soto dilengkapi dengan lontong juga. Bukan hanya itu, rujak di sini akan disiram memakai kuah soto yang berisikan jeroan sapi. Lalu tidak lupa ada kerupuk untuk sebagai pelengkap kelezatan rujak soto Banyuwangi tersebut.

Rujak Soto

3. Pecel Rawon

Selanjutnya ada juga kuliner pecel rawon. Kuliner satu ini menggabungkan dua macam makanan pada satu piring. Ada sepiring nasi yang ditemani sayuran yang telah disiram bumbu pecel. Lalu kemudian juga ditambah dengan paduan kuah rawon yang tentunya beserta daging lezat pada satu piring tersebut. Terkesan asing kalau kamu memang belum pernah mencoba pecel rawon ini. Kamu dapat merasakan wangi dari sambal pecel di dalam kuah khas rawon, tetapi tidak menghilangkan rasa aslinya rawon tersebut. Selain unik, pecel rawon juga mampu memuaskan lidah kamu.

pecel rawon

4. Sego Tempong

Bukan hanya sego cawuk saja, ada juga sego tempong. Tempong ini sendiri berarti tampar, sehingga menandakan kalau nasi atau sego tempong rasanya “nampol”. Bisa dibilang juga sego tempong ini hampir serupa dengan pecel lele atau penyetan. Isinya yaitu nasi hangat, sambal yang super pedas, sayuran rebus, dan ada juga lauk sego tempong yang kamu dapat pilih sesuai dengan selera. Ada hal penting yang harus kita perhatikan jika ingin menikmati sego tempong tersebut. Kamu bisa lebih mudah atau lebih sering menemukan hidangan sego tempong ini saat malam hari. Meski begitu, tetap ada juga warung sego tempong yang buka saat siang hari.

5. Pecel Pitik

Masih dalam nuansa kuliner pecel, ada juga pecel pitik yang juga merupakan jenis kuliner khas dari Banyuwangi. Awalnya makanan pecel pitik ini merupakan jenis hidangan khas yang digunakan pada saat diberlangsungkan upacara adat. Tetapi sekarang ini sudah ada beberapa warung makan yang menghadirkan kuliner pecel pitik tersebut. Sesuai namanya yaitu pecel pitik, maka masakan ini memakai ayam kampung untuk sebagai bahan utamanya. Ayam tersebut dibakar lebih dahulu dan lalu kemudian disuwir. Nantinya suwiran tersebut akan dicampur memakai kelapa yang sudah berbumbu.

6. Ayam Pedas

Ada lagi makanan khas dari Banyuwangi lainnya yang menarik yaitu ayam pedas. Banyak orang pasti yang suka dengan masakan ayam pedas ini. Kuliner ini sangat lezat, ada rasa pedas yang makin menggugah selera dan juga unik juga cita rasanya. Kuliner ayam pedas banyak ditemui jika kita datang ke Banyuwangi Selatan. Hidangan ayam pedas terdiri atas potongan ayam bakar sehingga cukup sama dengan pecel pitik. Lalu ayam tersebut dicampur dengan memakai kuah santan. Selain ayam, sajian ini dapat dicampur juga dengan telur rebus, ati ayam dan sebagainya. 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments
Ajeng Pawestri - Jun 5, 2021, 7:36 PM - Add Reply

nice

You must be logged in to post a comment.

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis