Lezatnya Menyantap Dadar Jagung Khas Jawa Timur

Lezatnya Menyantap Dadar Jagung Khas Jawa Timur. -- Negeri kita Indonesia ini sangat kaya dengan beraneka macam kuliner. Jika kita ingin menjelajahi kuliner khas nusantara, tidak akan habis dalam waktu satu hari. Dari Sabang sampai Merauke mempunyai makanan khas-nya sendiri-sendiri. Walaupun ada begitu banyak jenis makanan, ada satu jenis makanan yang menjadi favorit semua orang. Makanan apakah itu?.

Makanan ini adalah gorengan. Hampir di setiap daerah di Indonesia menyukai makanan satu ini. Ada banyak jenis gorengan di Indonesia, yaitu ada tempe goreng, pisang goreng, tahu goreng, ubi goreng, singkong goreng, kentang goreng, dadar jagung, bakwan, dan masih banyak lagi. Dari beberapa jenis gorengan tadi, yang biasanya sering dijadikan lauk saat makan nasi adalah dadar jagung.

Asal Usul Dadar Jagung

Dadar Jagung adalah salah satu kuliner tradisional Indonesia. Untuk menjadi kuliner Indonesia, membutuhkan waktu begitu panjang. Sebenarnya, makanan dadar jagung sendiri adalah warisan dari kuliner negara Portugis dan Spanyol. Pada zaman dahulu, orang-orang portugis sering melakukan kegiatan perdagangan di wilayah nusantara. Akibatnya,banyak beberapa budaya Indonesia yang dipengaruhi oleh budaya orang Portugis. Salah satu-nya adalah makanan dadar jagung ini. Tanaman jagung sendiri adalah tanaman yang berasal dari Tanah Amerika. Karena wilayah Indonesia sangat subur untuk ditanamai berbagai jenis tanaman, akhirnya orang portugis mencoba menanamnya di Indonesia. Jadi, bisa disimpulkan bahwa makanan tersebur diperkenalkan oleh bangsa portugis.

Cara Memasak Dadar Jagung

Mengolah dadar jagung sangatlah mudah dan hampir semua ibu-ibu di Indonesia bisa memasak dadar jagung. Namun, beberapa tahun belakangan ini, banyak muncul varian resep baru untuk pengolahan dadar jagung sendiri. Ada yang mengolahnya menjadi dadar jagung pedas, dadar jagung udang, dadar jagung temu kunci, dadar jagung daun jeruk, dadar jagung krispy, dan masih banyak lagi. Kalian juga bisa membuat kreasi resep dadar jagung sendiri di rumah. Berikut ini cara memasak dadar jagung yang mudah dan cepat khas Jawa Timur.

Bahan :

1.      Dua buah biji jagung

2.      Tepung terigu

3.      Minyak goreng

4.      Air

Bumbu :

1.      Tiga buah bawang putih

2.      Tiga buah bawang merah

3.      Lima buah cabai rawit

4.      Daun jeruk

5.      Ketumbar

6.      Garam

7.      Gula

8.      Penyedap rasa (micin atau vetsin)

Cara Memasak :

1.      Sisir jagung dengan menggunakan pisau tajam dari ujung jagung ke arah bonggolnya. Sisir sampai tidak tersisa satu biji jagung.

2.      Tumbuk halus bawang putih, bawang merah, cabai rawit, daun jeruk, ketumbar, garam, gula, dan penyedap rasa di dalam cobek.

3.      Masukkan jagungnya ke dalam cobek yang berisi bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Setelah itu tumbuk jagung hingga halus.

4.      Campurkan jagung yang sudah dihaluskan tadi dengan tepung terigu. Masukkan air juga ke  dalam cobek tersebut dan aduk hingga encer.

5.      Panaskan minyak goreng di penggorengan

6.      Apabila sudah dirasa panas, goreng dadar jagungnya. Menggorengnya sampai berubah warna agak kecoklatan.

7.      Jika sudah matang, sajikan dalam piring dan siap untuk dinikmari bersama keluarga.

Mudah bukan membuat dadar jagungnya?. Para ahli gizi mengatakan bahwa dalam jagung itu mengandung 80-100 kalori. Selain itu, terdapat berbagai macam nutrisi seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, mineral, dan vitamin. Dari kandungan beberapa nutrisi tadi, jagung bisa menyehatkan mata, membantu melancarkan saluran pencernaan, mengendalikan tekanan darah, mencegah depresi, menangkal radikal bebas, dan terutam untuk orang-orang usia lanjut, yaitu membantu kepadatan tulang. Cobalah untuk mengonsumsi jagung agar badanmu tetap sehat dan kuat.

Paling enak dadar jagung disantap saat musim hujan seperti sekarang ini. Dimakan langsung atau dijadikan lauk pauk tetap saja enak. Tak ada yang bisa menolak rasa yang krispy dan dipadukan dengan pedasnya cabai rawit makin menambah cita rasa dari dadar jagung itu sendiri. Semua kalangan sangat menyukai gorengan satu ini. Terutama orang-orang Jawa Timur tidak akan pernah absen untuk menghidangkan dadar jagung di meja makannya. Bagi yang ingin berwisata ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencoba gorengan dadar jagungnya yang khas.  Kalian bisa menemukannya di pinggiran jalan atau di pasar tradisional. Disana banyak tersedia berbagai macam gorengan yang bisa kalian beli dan nikmati sewaktu perjalanan pulang. 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Nama saya adalah indriani. Saya adalah freelancer writer pemula. Saya lahir di Kota Malang pada tanggal 29 Desember 1997. Pendidikan Terakhir saya adalah S1 Administrasi Bisnis di Universitas Terbuka. Saya pernah menerbitkan tiga buku antologi, yaitu surat berharga, surat untuk kaki langit palestina, dan antologi puisi.