Makanan Khas Lampung yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Lampung yang Wajib Anda Coba - Memang, Lampung dikenal sebagai kota yang menghasilkan makanan khas paling enak. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Lampung, Anda tidak boleh gagal untuk mencoba hidangan lezat ditemani kue khas Lampung.

Gulai Taboh

Memang gulai taboh dikenal sebagai makanan khas lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Kari taboh ini biasanya terbuat dari ubi jalar dan kacang-kacangan. Cara membuat gulai taboh cukup sederhana yaitu mencampur santan dengan kacang hijau atau kacang lainnya, dan Anda juga bisa mencampurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Jika ingin rasa yang berbeda, Anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi. Perpaduan antara ubi jalar dan terasi bisa membuat rasa makanan semakin nikmat di lidah.

Tempoyak

Apakah Anda suka makanan olahan durian? Jika iya, maka Anda harus mencoba makanan khas kota Lampung yang satu ini. Tempoyang merupakan makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang difermentasi.

Untuk proses pembuatannya juga cukup mudah yaitu dengan membuat daging durian yang tidak banyak mengandung air. Nah, untuk membuat tempoyang yang enak, sebaiknya cari durian yang berkualitas baik yang benar-benar matang. Setelah itu, Anda bisa memisahkan biji durian dari daging buahnya lalu tambahkan sedikit garam.

Selanjutnya anda bisa menambahkan cabai rawit sesuai selera, bila semuanya sudah siap anda bisa menyimpannya di tempat tertutup atau bisa juga di masukkan ke dalam lemari es. Hal ini berguna untuk mempercepat proses fermentasi Tempoyak. Setelah difermentasi selama 2 sampai 5 hari, Anda bisa langsung mengolahnya dengan campuran ikan. Ikan yang biasa digunakan sangat beragam seperti ikan mujair, teri, ikan mas dan lain-lain.

Bagi Anda yang ingin membuat saus sambal, Anda perlu mencampur bawang merah, bawang putih, cabai yang dihaluskan atau dipotong kecil-kecil, lalu tambahkan sedikit gula. Anda kemudian dapat menggorengnya hingga 3 menit, setelah itu tempoyak dapat disajikan dan langsung dimakan.

Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering disajikan pada acara keluarga, pernikahan, acara adat, dan acara keagamaan. Sementara itu, serit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi masyarakat Pepadun sehari-hari. Seruit adalah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung, seperti tempoyak atau mangga.

Pada dasarnya ikan yang digunakan untuk membuat tombak sangat beragam, namun ikan yang paling banyak digunakan adalah ikan dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lain-lain. Saat menyantap senar ini, biasanya ditambahkan sayuran segar untuk memberikan rasa yang lebih nikmat dan nikmat.

Umbu

Bagi anda yang menyukai makanan dengan rasa yang sedikit pahit seperti pare, anda harus mencoba makanan khas lampung yang satu ini. Umbu adalah makanan yang menggunakan bahan utama rotan muda. Rotan ini dimasak hingga empuk. Umbi ini sering digunakan sebagai bahan dasar sayuran seperti tumisan atau bisa juga disajikan dalam bentuk lalapan.

umbu ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, tetapi bahan lain juga bisa di campur sesuai keinginan. Pada dasarnya masyarakat Kota Lampung menjadikan umbu dari rotan ini sebagai makanan sehari-hari, namun seiring berjalannya waktu, rotan semakin langka. Untuk itu, masyarakat Lampung hanya melakukan umbu saat ada acara adat atau acara penting lainnya.

Gabing

Gabing adalah makanan yang menggunakan bahan utama batok kelapa muda. Pembuatan gabing sangat mudah yaitu dengan cara memotong batang kelapa muda sehingga terlihat seperti piring kecil memanjang 3 sampai 4 cm. Kemudian Anda bisa merebus batang kelapa dan membumbui sesuai selera Anda.

Gabing sendiri merupakan makanan berkuah, namun ada juga yang membuat gabing yang kurang kuat. Bagi Anda yang ingin membuat gabing lebih enak dan gurih, Anda juga bisa menambahkan jamur, daging segar, dan berbagai jenis bahan lainnya yang dapat memperkaya cita rasa makanan khas lampung ini.

Geguduh

Bagi Anda yang menyukai makanan dengan rasa manis, Anda harus mencoba makanan khas kota Bandar Lampung ini. Gegaduh adalah salah satu makanan sejenis kue yang terbuat dari pisang yang dihaluskan. Gegadu ini biasanya dihidangkan untuk para tamu dan juga bisa dinikmati pada acara kumpul keluarga bersama keluarga.

Ada beberapa bahan yang sangat sederhana untuk membuat Gegaduh seperti pisang tumbuk, tepung terigu, selai, dan susu. Selanjutnya tepung dan pisang dicampur dan diaduk hingga merata, pada langkah ini juga perlu ditambahkan susu dan selai yang telah disediakan.

Selanjutnya Geguduh bisa langsung digoreng hingga matang. Pada dasarnya, untuk membuat suara ini, pada dasarnya Anda banyak menggunakan pisang kepok, dan jika Anda ingin menambahkan rasa yang enak, Anda dapat menggunakan daun pandan atau air kapur sirih.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis