Manfaat Dan Pelajaran dari Tanaman Pohon Pisang

Pohon pisang adalah sebuah tanaman yang banyak menghasilkan manfaat bagi kehidupan kita, bagian dari pohon pisang yaitu berupa buah, batang, daun, bonggol dan akarnya. Dari bagian inilah semua bisa dimanfaatkan mulai dari buah nya siapa yang tidak kenal dengan sebutan buah pisang, buah ini banyak sekali digemari oleh semua kalangan baik itu orang tua, dewasa, anak-anak bahkan para usia senja.

Manfaat Hasil Dari Pohon Pisang

Buah pisang bisa diolah sedemikian rupa mulai dari makanan ringan, rebusan, gorengan dan lain sebagainya. Selain bisa di konsumsi secara langsung buah pisang juga bisa di buat camilan yang bisa kita jual hingga mendapatkan penghasilan misalnya saja dibuat keripik pisang, pisang goreng, juga bisa dibuat kolak pisang dan lain-lain.

Selain buah, pohon pisang juga menghasilkan kulit yang membungkus  pada buahnya, kulit pisang bisa diolah menjadi makanan ringan, jadi kalau makan buah pisang kulit nya jangan dibuang yaa, kita ambil manfaat nya dari ciptaan Tuhan yang kaya akan manfaat ini.

Selain buah dan kulit nya pisang juga menghasilkan daun, selain bisa di jadikan payung saat hujan daun pisang yang berwarna hijau tua ini juga bisa dijadikan sebagai pembungkus makanan basah dan kering, misalnya untuk membungkus nasi gurih, nasi kucing, gethuk (makanan khas Jawa) dan lain-lain.

Selain buah, kulit dan daun buah pisang juga menghasilkan bonggol yang letaknya di bagian bawah batang pohon pisang, dari bonggol pisang ini ternyata juga tidak kalah  manfaatnya dari hasil yang lain misalnya bonggol pisang bisa diolah menjadi makanan ringan yang lezat dan gurih,  keripik bonggol pisang misalnya, makanan ini sudah banyak beredar di swalayan.

Pohon pisang yang kaya manfaat dapat menghasilkan buah, kulit, daun dan bonggol semua dapat diolah sedemikian rupa menjadi makanan yang lezat dan enak juga dapat dijadikan bisnis makanan sampingan.

Selain bisa diolah pisang juga banyak digemari oleh masyarakat sebagai makanan pencuci mulut.

Untuk mendapatkan buah pisang tidaklah sulit, buah pisang sudah banyak dijual dipasar buah, warung, toko sayur, kaki lima termasuk di swalayan pun banyak tersedia.

termasuk makanan ringan yang sudah diolah dalam bentuk kemasan juga banyak dijual di pasar, baik itu pasar tradisional maupun modern.

Selain beragam manfaat yang dihasilkan oleh pohon pisang, di balik tumbuhnya  secara alami juga ada pelajaran yang tersirat bagi kehidupan kita sebagai manusia.

Pelajaran Yang Dapat Kita Ambil Dari Pohon Pisang

Pertama, pohon pisang jika kita pangkas batang nya, pada batang itu selalu menumbuhkan generasi baru yang akan menjadi bibit pohon pisang yang dapat menghasilkan sesuatu yang kaya manfaat bagi kehidupan, seberapa sering kita memangkasnya, tunas baru akan selalu tumbuh dan tumbuh yang siap memberikan manfaat yang luar biasa.

Hal yang dapat kita petik dari pelajaran ini adalah, seolah-olah pohon pisang mengajarkan kepada kita bahwa dalam lika liku kehidupan pasti ada susah dan senang silih berganti, apapun halangan ujian yang menerpa dalam kehidupan hendaklah kita harus tetap tegar harus bangkit kembali dan tetap bangkit walau apapun halangan dan rintangan, hendaklah kita tetap harus sabar dan teruslah bangkit berjuang kembali.

Kedua, pelajaran yang dapat kita petik lainnya dari pohon pisang adalah, pohon pisang tidak akan pernah mati melainkan sebelum menghasilkan buah.

Maksudnya, pelajaran yang dapat kita ambil dari pohon pisang ini adalah sebelum kita pergi untuk selamanya dari kehidupan dunia ini kita harus bisa memberikan yang terbaik bagi kehidupan dan orang lain. Jadilah manusia yang bermutu bermanfaat bagi bangsa, negara dan masyarakat. Negara pun sangat membutuhkan generasi-generasi penerus yang cerdas, yang dapat menebarkan keahliannya yang menakjubkan, sehingga sesuatu yang bermanfaat dari kita dapat selalu di kenang walaupun kita telah tiada.

Hidup adalah pilihan, mau menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain atau sebaliknya adalah tergantung kita sendiri, janganlah menyia-nyiakan kehidupan untuk sesuatu yang sia-sia jadilah manusia yang bermanfaat bagi bangsa, negara, masyarakat dan orang-orang sekitar agar nama kita tetap dikenang walau telah tiada.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tentang Penulis