Mengabadikan Sejarah: Museum Kambang Putih di Tuban

Mengabadikan Sejarah: Museum Kambang Putih di Tuban. -- Museum Tuban merupakan salah satu wisata edukasi yang terkenal Tuban dan menyimpan banyak sejarah. Terutama jika Anda yang ingin mengajak keluarga berlibur seraya belajar, maka kunjungan ke museum ini adalah pilihan yang tepat. Pada tempat ini tersimpan banyak benda bersejarah yang dapat Anda jumpai di dalam museum ini. 

 

Objek wisata ini selalu ramai dikunjungi pada hari biasa atau hari libur, hal ini karena tempatnya yang indah dan menyuguhkan hal menarik di sana. Museum ini memiliki keindahan yang berbeda dari museum lainnya, dan dapat membuat Anda merasa nyaman saat berada di sana. Museum Kambang Putih ini menyimpan sejarah mengenai Tuban.

 Sumber: https://www.tempatwisata.pro/sumber: https://www.tempatwisata.pro/

 

Sejarah Umum Museum Kambang Putih 

Kambang Putih yang merupakan nama dari museum bersejarah itu, berasal dari prasasti yang dibuat oleh Raja Sri Mapanji Garasakan. Hal ini bisa dibuktikan melalui satu Prasasti tahun 1050 M. Raja Sri Mapanji Garasakan mengungkap bahwa kambang putih menjadi kota labuhannya. Selain itu pada abad ke-XI menjadi tempat perniagaan antar pulau dan juga benua. 

 

Kambang Putih juga disebutkan sebagai wilayah kekuasaan dari Kerajaan Panjalu, yang pernah berperang

dengan Kerajaan Janggala. Saat itu, Kerajaan Janggala memiliki raja pertama yang bernama Sri Mapanji Garasakan yang menyebutkan Kambang Putih sebagai kota pelabuhan.  

 

Sementara pada sejarah lainnya mengenai nama Kambang Putih yaitu pada zaman dahulu, wilayah ini tampak seperti sebuah gundukan pasir putih. Gundukan pasir tersebut mengambang di lautan, hal ini diungkap karena adanya pengakuan dari Cina saat melihatnya dari kejauhan. Sehingga arti dari Kambang Putih sendiri adalah gundukan pasir putih.  

 

Daya Tarik Museum Bersejarah di Tuban 

https://halopantura.com/sumber: https://halopantura.com/

 

Sebagai tempat indah dan bersejarah, museum ini memiliki daya tarik tersendiri yang membuat Anda ingin berkunjung ke dalam museum. Tempat wisata ini memiliki 600 koleksi benda bersejarah. Pada ruangan pertama Anda akan melihat Museum Koes Plus Bersaudara yaitu salah satu band legendaris Indonesia yang berasal dari Tuban. 

Sementara di ruangan kedua terdapat banyak pajangan uang-uang jaman dahulu baik itu kertas maupun logam dari abad XIX sampai dengan XX. Terdapat juga benda seperti jaring, dan segala peralatan nelayan pada masanya, serta satu pasang sandal yang berbahan dasar kayu. Pada bagian ruang berikutnya Anda akan mendapati kain batik tulis gedog.

Selain itu, pada museum ini juga menyimpan banyak jenis barang yang menjadi bagian dari kebudayaan Tuban yang sangat langka. Salah satunya adalah ongkek yang merupakan wadah dari bambu berisi tuak di dalamnya. Tempat ini juga memiliki pahatan filosofi yang memiliki arti mendalam.

Seperti 5 cabang yang menggambarkan rukun Islam yang terdapat pada pohon kalpataru Sunan Bonang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan pahatan indah lainnya seperti bentuk masjid, pura dan sebagainya.

Sunan Bonang sendiri menjadi penyebar agama islam dan menghargai berbagai agama, sehingga penyebaran Islam di selaraskan dengan pada agama hindu. Hal ini tentunya menciptakan sebuah akulturasi budaya dari toleransi dalam beragama yang diterapkan.

Berbagai macam arca-arca kuno juga bisa Anda jumpai, seperti arca nandi pada mitologi agama hindu yang merupakan kendaraan Dewa Siwa. Selain itu, terdapat nekara yaitu gendang yang terbuat dari perunggu dan menjadi warisan dari zaman parundagian. Gendang ini dijadikan alat musik khusus pada saat melakukan ritual.

 

Fasilitas Museum Kambang Putih

sumber: https://jawatimuran1.wordpress.com/sumber: https://jawatimuran1.wordpress.com/

 

Sebagai tempat wisata yang banyak diminati serta ramai kunjungan, tentunya museum ini menyediakan fasilitas yang sangat lengkap. Pelayanan yang diberikan sangat ramah dan baik. Pada bagian khusus parkir, tempat ini memiliki area yang luas, dilengkapi dengan tempat beristirahat, toilet, rumah makan dan masih banyak lagi.

 

Lokasi

Museum bersejarah ini dapat Anda kunjungi di daerah Tuban, tepatnya di Jl. Kartini, No. 03 yang berada di Desa Kutorejo, Kec. Tuban, Jawa Timur. Lokasinya sendiri sangat mudah ditemui, karena dekat dengan Kantor Bupati Tuban dan juga Alun-Alun Kota.  

Keindahan dan sejarah yang ada pada museum ini membuatnya selalu menjadi objek wisata edukasi yang paling banyak dikunjungi di Jawa Timur, Selain itu karena koleksi sejarahnya yang lengkap. Tidak hanya itu, di samping museum ini juga terdapat makam Sunan Bonang yang menambah daya tarik pada Museum Kambang Putih tersebut.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Lelaki Hujan yang pantang menyerah mengulum waktu dan hujan yang dibuatnya