Olahan Makanan Khas Aceh di Jogja Hadir di Bungong Jeumpa

Olahan Makanan Khas Aceh di Jogja Hadir di Bungong Jeumpa. -- Tak asing bagi kita, Kota Aceh memiliki berbagai macam menu kuliner khas. Rempah-rempah menjadi andalannya dalam mengolah sebuah makanan. Selain makanannya, Aceh memiliki minuman khas yaitu teh tarik aceh, kopi khas aceh, dan kopi susu sanger.

Karena makanan dan minumannya yang sangat unik dan tidak ada duanya, banyak wisatawan yang ingin merasakan sensasi kulineran khas Aceh. Bagi orang Jogja dan perantau asli Aceh yang ingin mengobati rasa kangen kota asal, kini hadir di Jogja resto kuliner khas Aceh bernama Bungong Jeumpa.

Bungong Jeumpa diambil dari lagu daerah yang berasal dari Aceh yang berarti bunga cempaka. Jeumpa dijadikan simbol keindahan dalam tradisi masyarakat Aceh. Jeumpa dijadikan bagian dari kelengkapan upacara tradisi karena keharumannya. Begitu pula dengan resto Bungong Jeumpa yang akan selalu diingat bagi orang-orang dengan makanan khas Aceh nya dimanapun mereka berada.

Lokasi dan Suasana Resto 

Bungong jeumpa memiliki 2 gerai di Jogja. Terletak di Jalan Kaliurang Kilometer 5,8 Perempatan Kentungan dan di Jalan R.W. Monginsidi No.12, Karangwaru, Kec. Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Resto yang terletak di jalan R.W. Monginsidi ini mudah ditemukan dan tidak jauh dari Tugu Kota Yogyakarta. Kamu hanya perlu menuju ke arah utara Tugu kemudian perempatan pertama  belok kiri mengikuti jalan dan rumah makan terletak di kanan jalan raya.

Hati-hati bagi pengendara bermotor karena jalan raya yang tidak begitu lebar dan parkiran yang menjorok kebawah. Rumah makan ini bercorak seperti rumah lama yang memiliki beberapa ruang dan interior ala rumah makan keluarga.

Tempat duduk empuk yang panjang dan kursi kursi rumah makan pada umumnya cocok untuk makan-makanan berat dan bersantai sejenak. Ruangannya dapat dipilih untuk yang indoor atau semi outdoor. Jam operasional resto mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Selain dapat makan secara dine in dan take away, Bungong Jeumpa juga dapat ditemukan di aplikasi gofood dan grabfood dengan berbagai promo diskon. 

Ruangan bungong jeumpa

Menu Makanan dan Minuman

Menu yang ditawarkan cukup beragam. Berbagai olahan makanan khas Aceh menjadi andalannya. Pada makanan utamanya terdapat menu mie aceh, nasi goreng aceh, dan martabak aceh. Masing-masing memiliki variasinya seperti tambahan cumi, udang, ayam, kambing, rendang, kari, dan spesial.

Harga menu tersebut dibanderol dengan harga Rp12.000 hingga Rp25.000 per porsi. Selain itu, terdapat aneka nasi lauk seperti nasi ayam goreng + sambal + kuah kari, nasi kari ayam + sambal, dll. dengan harga Rp. 17.000 hingga Rp. 23.000.

Makanan yang disajikan termasuk makanan yang dapat memberikan sensasi pedas di lidah, bagi kamu yang kurang suka pedas mungkin bisa minta untuk tidak pedas. Disetiap makanan yang disajikan, terdapat lalapan dan acar yang terbuat dari aneka bawang dan timun yang sangat cocok jika dimakan bersamaan dengan hidangan khas Aceh ini.

Selain itu, kamu juga dapat menikmati sajian camilan atau dessert ala Kota Aceh yaitu roti cane. Roti cane dibanderol dengan harga Rp. 10.000 untuk cane gula hingga Rp. 24.000 untuk cane kari kambing. Rasanya seperti roti maryam namun disajikan dengan cara seperti digeprek atau ditumbuk sehingga memberikan tekstur yang berbeda.

Selain itu juga menyediakan paket hemat untuk kamu yang ingin langsung order banyak tapi dengan harga yang lebih murah. Paket hemat ini dibanderol seharga Rp. 31.000 yang sudah lengkap semuanya meliputi makanan utama, cane/martabak, dan minumannya. Minuman yang tersedia juga cukup lengkap dan banyak pilihannya.

Terdapat aneka juice, kopi aceh, teh tarik, kopi susu sanger, dan minuman lainnya seperti es timun kerok, es teh, es jeruk, es tomat, dll. Minumannya dibanderol dengan harga Rp4.000 hingga Rp16.000. Bagi yang sedang tanggal tua atau menambah segar minuman yang dipesan mungkin bisa pesan air es seharga Rp1.000.

Makanan dan Minuman bungong jeumpa

Secara keseluruhan, Bungong Jeumpa memiliki banyak ragam menu Khas Aceh yang tidak usah diragukan lagi kekhasannya. Suasana makan yang tenang, jarak antar orang yang tidak berdekatan, harga yang terjangkau, dan makanan yang Aceh banget membuat pengalaman makan kita lebih nikmat, berasa sudah pernah travelling ke kota serambi mekkah ini.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Seorang mahasiswi yang sedang menempuh pendidikan di ibukota. Senang mengulas sesuatu