Planet Sudiang, Tempat Nongkrong Berkonsep Pasar Malam dengan Nama Unik

Planet Sudiang, Tempat Nongkrong Berkonsep Pasar Malam dengan Nama Unik. -- Makassar, ibu kota provinsi Sulawesi Selatan ini, merupakan salah satu kota dengan populasi masyarakat terpadat yang ada di Indonesia. Dengan luas 199,3 km2 dan 15 kecamatan, beragam guyonan muncul diantara generasi milenialnya, termasuk guyonan daerah terluar dari Kota Makassar yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Maros, Sudiang. Sudiang sering menjadi bahan guyonan karena jarak tempuh beserta kemacetan yang membuat daerah ini terasa begitu jauh. Orang-orang lokal Makassar kerap kali menyandingkan daerah Sudiang sebagai planet diluar bumi, daerah di luar Makassar, bahkan passport khusus warga sudiang. Hal tersebutlah yang menjadi latar belakang dari nama lokasi hiburan baru ini, yakni Planet Sudiang.

salah satu wahana di planet sudiang

Mengusung Nama dan Konsep yang Unik

Planet Sudiang tak hanya mengusung nama yang unik, tetapi konsep tempat nongkrong ini pun sama uniknya. Mengusung sistem food court, di tempat ini pengunjung dapat menikmati hidangan dari berbagai kedai-kedai yang ada. Tidak hanya makanan, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan menimati live music, berbelanja di beberapa toko pakaian di dalam kompleks ini, dan tentu saja aneka wahana bermain yang tersedia.

Menurut salah satu inisiator Planet Sudiang yang dilansir dari bukabaca.id, salah satu latar belakang dari dibangunnya Planet Sudiang ini yakni sebagai solusi bagi anak muda Sudiang yang seringkali harus menempuh jarak yang cukup jauh ke Kota Makassar untuk menghabiskan waktu bersama temannya. Kini, remaja Sudiang bisa nongkrong tanpa harus menempuh jarak yang jauh. Selain itu, masih dilansir dari bukabaca.id, Planet Sudiang yang kini menjadi salah satu ikon Sudiang ini, dibangun murni atas inisiasi dari berbagai pelaku kreatif lokal, tanpa campur tangan pemerintah setempat.

Suasana Pasar Malam di Pinggir Kota Makassar

Konsep yang ditawarkan tempat ini juga terbilang unik. Sebagai salah satu warga Makassar, saya belum pernah menikmati suasana pasar malam khas rakyat semenjak tinggal disini. Berkunjung ke Planet Sudiang menawarkan suasana pasar malam yang biasa ditemukan di kampung-kampung. Pengunjung dapat menikmati suasana malam gemerlap dengan lampu-lampu neon berwarna ungu dan warna-warna mencolok lainnya, sangat cocok menghiasi feed instagram para pengunjungnya. Di sini, pengunjung dapat menikmati berbagai wahana pasar malam seperti biang lala, komedi putar, ombak banyu, sampai kora-kora dengan harga yang terjangkau.

Menikmati Aneka Jajanan dengan Harga Terjangkau

Sebagai sebuah tempat nongkrong dengan sistem foodcourt, Tempat ini menyediakan aneka makanan dan minuman yang begitu beragam, dengan harga yang bersahabat, tentu saja. Berbagai jajanan khas pasar malam dapat dinikmati di sini, seperti gulali, aneka gorengan, olahan cokelat, permen, juga makanan tradisional bugis, begitupun hidangan yang biasa tersedia di kedai-kedai kopi, seperti aneka gorengan, kopi, serta minuman dingin beraneka rasa.

Salah satu kedai yang terdapat di Planet Sudiang adalah Moka’ Kedai yang menjual aneka minuman murah dan enak, mulai dari Rp10.000-Rp15.000/minuman. Selain itu, pengunjung juga dapat menikmati dimsum di kedai Okui Dimsum, atau aneka minuman di Suyo, dan kedai-kedai unik lainnya dengan harga terjangkau, mulai Rp10.000 rupiah.  

Akomodasi dan Penginapan

Jika sedang berkunjung ke Makassar, tidak salahnya menghabiskan waktu di Planet Sudiang. Tempat nongkrong ini buka dari pukul 09:00 WITA sampai 22:00 WITA. Saya sangat menyarankan untuk mendatangi tempat ini di malam hari. dengan suasana gelap, lampu-lampu di Planet Sudiang dengan warna ungu, merah,oranye, dan kuning menyala dapat memberikan suasana pasar malam yang begitu khas. Setiap wahana di tempat ini juga dipatok dengan harga murah. Pengunjung cukup membayar Rp15.000/anak dan Rp10.000/orang dewasa. Fasilitas lainnya dari tempat ini adalah lokasi parkir yang luas. Pengunjung cukup merogoh kocek Rp2.000/motor.

Jika anda dari luar Kota Makassar dan hendak menginap di salah satu penginapan di sekitar Planet Sudiang, maka Arbor Biz Hotel dapar menjadi pilihan yang menarik. Penginapan ini terletak di Kima Square, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 16, Kota Makassar. Selain letaknya dekat dengan Planet Sudiang, penginapan ini juga terbilang murah. Pengunjung hanya perlu membayar Rp200.000-Rp300.000an/ malamnya. Fasilitas yang tersedia pun cukup lengkap, seperti Wi-Fi gratis, sarapan gratis, parkir gratis, layanan kamar, restoran, pusat kebugaran, sampai jasa jemputan bandara.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Menumbuhkan sayur di halaman rumah dan menulis sebagai Nawa Jamil.

Recent Articles