Semarang Dengan Beragam Makanan Unik Khasnya

Semarang Dengan Beragam Makanan Unik Khasnya. -- Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yaitu Semarang, memiliki beragam makanan khas. Beberapa kuliner tersebut mungkin tidak bisa kamu temukan pada daerah lain meski beberapa ada yang cukup mirip. Tetapi meski mirip, ada ciri khas rasa dan tekstur tersendiri pada beberapa makanan khas Semarang tersebut. Berikut ini ada beberapa makanan lezat dan unik yang bisa sering kamu temui di Semarang dan cocok juga dijadikan sebagai oleh-oleh.

1. Tahu Bakso

Salah satu makanan dari Semarang yang mungkin tidak asing bagi banyak orang yaitu tahu bakso. Tahu bakso ini juga bahkan dikenal juga oleh negara lain. Jika sedang di Semarang, maka lebih baik jangan lupa mencoba hidangan tahu bakso Ungaran, Semarang. Daging lezat digiling dan dibubuhkan di dalam tahu yang teksturnya sangat lembut. Perlu kamu ketahui juga makanan khas dari Semarang satu ini tidak hanya ada versi digoreng saja. Ada juga untukmu yang sedang diet, bisa menyantap tahu bakso yang versi direbus. Sehingga lebih sehat dan cocok untuk yang menghindari gorengan.

tahu bakso

2. Lumpia

Pada umumnya lumpia yang kita sering temui berisikan bahan makanan yang terasa asin. Tapi berbeda dengan lumpia yang menjadi makanan khas kota Semarang. Hidangan lumpia semarang tersebut mempunyai cita rasa unik sehingga berbeda dengan lumpia yang biasanya.

Dalam lumpia semarang, terdapat rebung yang memiliki rasa baik itu manis dan juga asin. Bukan hanya itu saja, rebung pada lumpia semarang juga dipadankan dengan ragam isian unik yang lainnya seperti kepiting, daging kambing, daging sapi, daging ayam dan lain sebagainya.

Sehingga bisa menambah sensasi kenikmatan menyantap lumpia tersebut. Kamu bisa menemukan kuliner lumpia semarang ini di banyak tempat jika mengunjungi kota Semarang. Misalnya sepanjang Jalan Mataram, Jalan Pandanaran dan Jalan lainnya di Semarang.

lumpia semarang

3. Wingko Babat

Selain lumpia yang menjadi ciri kuliner Semarang, ada juga Wingko Babat. Wingko ini terbuat dari bahan tepung ketan dan dicampur dengan memakai parutan kelapa. Tidak lengkap rasanya kalau kita mengunjungi kota Semarang tanpa mencicipi dan membawa makanan khas Wingko Babat ini sebagai oleh-oleh.

Wingko babat ini biasanya terdiri dari ragam rasa sehingga makin menarik untuk mencicipi Wingko Babat tersebut. Mulai itu dari rasa nangka, rasa durian, rasa pandan, rasa strawberry, rasa cokelat dan berbagai rasa lain. Meski ada berbagai rasa Wingko Babat, kamu juga bisa tentunya menikmati Wingko Babat rasa original.

Rasa original Wingko Babat cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka rasa manis. Sama halnya dengan lumpia, kamu bisa mendapatkan Wingko Babat pada banyak tempat. Misal saja pusat oleh-oleh yang biasanya menyediakan Wingko Babat. Baik itu di Jln. Pandanaran atau di area Kota Lama, pastinya menyediakan Wingko Babat.

wingko babat

4. Bandeng Presto

Bandeng Presto sebenarnya juga cukup populer di Semarang. Bandeng sendiri merupakan salah satu hidangan seafood yang tentunya kaya nutrisi sehingga menyehatkan. Tetapi biasanya duri Bandeng ini tersebar pada seluruh tubuhnya. Sehingga seringkali membuat kita kesulitan ketika ingin memakannya.

Di Semarang, ada kuliner bandeng presto lezat yang bisa dibeli secara kiloan atau satuan. Kamu bisa menemukan Bandeng Presto ini di pusat kuliner atau oleh-oleh di Jalan Pandanaran. Ada beberapa brand juga yang menjual bandeng presto dan berjajar pada setiap sisi jalannya.

5. Tahu Gimbal

Makanan khas dari Semarang lain yang unik yaitu Tahu Gimbal. Jika dilihat sekilas, maka tahu gimbal ini terlihat seperti hidangan ketoprak. Tahu Gimbal memang hampir mirip dengan ketoprak karena sama-sama memakai bumbu kacang. Tapi Tahu Gimbal dihidangkan dengan isian yang berbeda.

Dalam hidangan tahu gimbal, ada yang namanya “gimbal” yaitu campuran udang dan tepung. Ada pun juga tahu, lontong dan telur di dalam kuliner Tahu Gimbal ini. Tidak lupa juga bahan yang menjadikan Tahu ini makin “gimbal” adalah sayuran segarnya seperti tauge, kubis dan sayur lainnya. Itulah beberapa hidangan kuliner yang khas dari Semarang dan tergolong cukup unik. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat untuk kamu.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis