Sensasi Menyantap Pindang Kepala Simba di Rumah Makan Ika, Pesawaran, Lampung.

Sensasi Menyantap Pindang Kepala Simba di Rumah Makan Ika, Pesawaran, Lampung.. -- Kepala ikan simba besar dengan kuah pindang yang khas, ditemani sambal terasi segar dan lalapan rebus sungguh mengundang selera siapapun.

Mencecap gurihnya kuah pindang yang dicampur dengan irisan buah nanas dan daun kemangi mengiringi manisnya daging yang menempel di kepala Simba berukuran besar yang masih segar ditambah sambal terasi yang khas. Menciptakan kenikmatan yang sempurna.

Kepala simba berukuran besar ini tak akan habis disantap sendiri. Kepala ikan yang memiliki nama latin Giant Head Trevally ini memang cukup untuk 5 porsi. Disajikan dengan mangkuk besar dengan kuah yang melimpah semakin lengkap dengan bumbu alami yang terasa di lidah siapa pun yang menikmatinya.

Soal harga, semangkuk pindang kepala ikan simba ini pun relatif murah. Hanya Rp.70 ribu untuk 5 porsi ditambah sebakul nasi, sepiring kecil sambal terasi dan lalapan yang lumayan lengkap.

RM IkaSuasana di RM Ika

 

Pindang kepala simba ini memang menjadi menu andalan di Rumah Makan Ika yang terletak di Jalan Raya Hanura, Desa Hanura, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Lokasinya yang berdekatan dengan sejumlah obyek wisata pantai di kawasan pesisir Teluk Lampung memang kerap menjadi destinasi terakhir wisatawan.

Sehabis lelah berwisata di Pantai Mutun atau diving di Pulau Tegal Mas. RM Ika menjadi tempat untuk memulihkan energi wisatawan dengan menyantap lezatnya pindang Kepala Simba ini.

Suasana rumah makannya yang alami menjadi pelengkap sajian lezat itu. Tiap pengunjung di rumah makan ini akan menikmati pindang kepala Simba di saung-saung bambu berukuran 3x3 meter yang dibangun di atas kolam ikan. Sembari menunggu makanan datang, pengunjung bisa menikmati ikan-ikan air tawar berukuran besar yang sesekali muncul dari balik saung.

rm ikaSelain bersama keluarga, Pindang Kepala Simba RM Ika juga bisa disantap bersama teman

RM Ika menjadi pelopor rumah makan di Lampung yang menyajikan menu pindang Kepala Simba. Ada resep rahasia khususnya dalam pemilihan bumbu untuk membuat pindang menjadi lezat, termasuk cara mengolah kepala ikan Simba agar enak di makan.

Ika pemilik rumah makan ini mengaku memang sengaja membuat menu khusus di rumah makannya. Karena ia ingin pengunjung rumah makannya khususnya wisatawan dari luar Lampung agar berkesan saat mengunjungi Lampung.

Selain itu dalam pengolahan bumbu pindang, Ika masih menggunakan bumbu sederhana dan tak menggunakan bumbu instan, karenanya baik aroma maupun citarasa pindang kepala Simba di rumah makannya memang terasa lebih sedap.

Demikian halnya dalam pengolahan ikan-ikan simba. Ia selektif dalam memilih ikan Simba. Rumah makannya menjamin, ikan-ikan simba yang disajikan adalah ikan yang masih segar. Bahkan untuk tetap menjaga kesegaran dan citarasanya, rumah makan ini baru akan mengolah pindangnya saat pengunjung memesan.

pindang kepala simbaPengunjung RM Ika sedang menikmati Pindang Kepala Simba

Memang akan sedikit lebih lama menunggu menu tersaji di meja pengunjung. Tapi yakinlah, semua itu dilakukan agar pengunjung merasa puas. Sehingga tak heran, beberapa pengunjung yang datang ke Rumah Makan Ika adalah wisatawan yang sudah pernah menikmati lezatnya pindang kepala Simba disini sebelumnya.

"Ini memang menjadi menu khusus selain menu-menu lain yang kami buat untuk ditawarkan kepada wisatawan dari luar Lampung untuk menjadi ciri khas ketika berkunjung ke Lampung. Selain itu, saya melihat banyaknya ikan simba tangkapan nelayan yang tak kurang laku di pasaran apalagi untuk yang berukuran besar. Ditambah lagi, selama ini menu dari olahan ikan Simba masih belum memanfaatkan kepala ikannya untuk diolah secara khusus,” jelas Ika.

Dengan cita rasa yang terjaga dan suasana rumah makan yang masih terasa alami, memang menjadikan rumah makan ini sebagai rekomendasi wisata kuliner pilihan bagi siapapun wisatawan yang berkunjung ke Lampung.

Selain Pindang Kepala Simba, terdapat menu lain yang juga tak kalah nikmat, seperti; pindang telur Simba, Simba bakar dan beragam olahan ikan laut lain dengan harga yang cukup terjangkau untuk siapapun.

Untuk menuju rumah makan ini pun terbilang mudah aksesnya, karena RM Ika terletak di jalur menuju ke beberapa obyek wisata sehingga banyak angkutan umum yang melewatinya.

RM Ika terletak di Jalan Raya Hanura, Desa Hanura, Kecamatan Padang Cermin. Letaknya, hanya sekitar 1 kilometer setelah dari gerbang masuk menuju ke Pantai Mutun. Dari arah Bandar Lampung, terdapat sejumlah angkutan umum menuju ke Padangcermin, dengan tarif Rp. 10 ribu kamu sudah bisa sampai ke RM Ika.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Pernah menjadi reporter media harian dan editor disejumlah portal. Pernah juga menjadi content creative salah satu pabrik roti terkenal di Indonesia. Saat ini tengah menikmati menjadi content creator di beberapa media