Tempe Menjes Makanan Favorit di Kota Malang dari Dulu hingga Sekarang

Tempe Menjes Makanan Favorit di Kota Malang dari Dulu hingga Sekarang. -- Tempe menjes adalah jajanan pinggir jalan yang bisa kita jumpai di daerah Malang, Jawa Timur. Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai jajanan satu ini. Kalau biasanya tempe terbuat dari kacang kedelai, untuk tempe satu ini terbuat dari olahan ampas tahu dan tempe yang difermentasikan terlebih dahulu kemudian dipadatkan menjadi bentuk tempe seperti biasa. Tempe menjes juga memiliki keunikan dibandingkan tempe lainnya, yaitu berupa aroma yang begitu menyengat dan bertekstur halus. Terlepas dari keunikannya itu, ternyata makanan ini juga dikenal di wilayah Banyumas dengan nama tempe gajes.

Sebelum terjadinya perang dunia kedua, tempe menjes belum dikenal oleh banyak orang. Sekitar tahun 1943, orang-orang di Pulau Jawa mulai memakan makanan ini dikarenakan persediaan makanan pada waktu itu sudah habis. Mereka saat itu berusaha mencari cara agar bisa bertahan hidup dan terhindar dari kelaparan. Akhirnya mereka mencoba membuat makanan dari ampas tahu yang biasanya digunakan untuk makanan sapi, ikan, dan pembersih lantai. Dan ditemukanlah makanan tempe menjes yang kita kenal sekarang ini.

 

olahan tempe menjes dalam bentuk gorenganOlahan Tempe Menjes

Tempe menjes adalah jajanan pinggir jalan yang bisa kita jumpai di daerah Malang, Jawa Timur. Dari anak-anak hingga orang dewasa sangat menyukai jajanan satu ini. Kalau biasanya tempe terbuat dari kacang kedelai, untuk tempe satu ini terbuat dari olahan ampas tahu dan tempe yang difermentasikan terlebih dahulu kemudian dipadatkan menjadi bentuk tempe seperti biasa. Tempe menjes juga memiliki keunikan dibandingkan tempe lainnya, yaitu berupa aroma yang begitu menyengat dan bertekstur halus. Terlepas dari keunikannya itu, ternyata makanan ini juga dikenal di wilayah Banyumas dengan nama tempe gajes.

Sebelum terjadinya perang dunia kedua, tempe menjes belum dikenal oleh banyak orang. Sekitar tahun 1943, orang-orang di Pulau Jawa mulai memakan makanan ini dikarenakan persediaan makanan pada waktu itu sudah habis. Mereka saat itu berusaha mencari cara agar bisa bertahan hidup dan terhindar dari kelaparan. Akhirnya mereka mencoba membuat makanan dari ampas tahu yang biasanya digunakan untuk makanan sapi, ikan, dan pembersih lantai. Dan ditemukanlah makanan tempe menjes yang kita kenal sekarang ini.

olahan tempe menjesTempe Menjes

Karena memiliki bau yang tajam, kita bisa memakai daun jeruk untuk mengurangi baunya itu saat hendak mengolahnya. Cara memasak tempe menjes sendiri sangatlah mudah dan praktis. Berikut ini adalah resep mengolah tempe menjes menjadi gorengan yang kriuk dan sedap untuk disantap.

Bahan yang dibutuhkan

1.   Tempe menjes (jumlah sesuai selera)

2.    Tepung bumbu

3.      Tepung beras

4.      Tepung terigu

5.      Air

6.      Minyak goreng

Bumbunya :

1.      Bawang Putih (jumlah sesuai selera)

2.      Garam

3.      Ketumbar

Cara memasak :

  1. Iris tipis tempe menjes menjadi bentuk kotak beberapa bagian.
  2. Campurkan tepung terigu, tepung bumbu, tepung beras, dan air dalam satu wadah. Aduk hingga semuanya tercampur dengan rata. Ingat, mengaduknya harus sampai encer.
  3. Haluskan 2 atau 3 bawang putih, garam, dan ketumbar.
  4. Setelah itu, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi ke dalam campuran adonan tepung. Aduk hingga bumbu dan adonan tepungnya tercampur.
  5. Kemudian kita cicipi sedikit untuk melihat apakah rasanya sudah pas.
  6. Apabila rasanya sudah dirasa pas, kita masukkan irisan tempe menjes ke dalam adonan tadi. Lumuri semua permukaan sampai tertutup seluruhnya.
  7. Langkah selanjutnya, panaskan minyak goreng di dalam penggorengan.
  8. Jika sudah panas, kita bisa lansung menggoreng tempe menjes tadi yang sudah dilumuri dengan adonan tepung.
  9. Gunakanlah api berukuran sedang saat menggoreng tempe menjes.
  10. Apabila warnanya sudah berubah kecoklatan, kita angkat dan tiriskan. Lalu sajikan dalam piring dan siap untuk disantap.

Bukan hanya bisa menjadi olahan makanan yang lezat saja, tempe menjes juga bisa digunakan sebagai pelembab kulit alami. Caranya sangat mudah, kita hanya perlu menghaluskan tempe menjes dalam keadaan mentah. Setelah itu, balurkan semuanya ke permukaan kulit. Selain itu, tempe menjes dipercaya oleh sebagian masyarakat bisa meredakan penyakit diare dan mampu membangkitkan nafsu makan. Terutama untuk anak-anak yang tak suka makan tempe. Untuk para ibu, cobalah memberikan makanan tempe menjes kepada anak-anak sebagai lauk makanannya. Mungkin saja setelah ini nafsu makannya bertambah.

olahan tempe menjes yang digoreng

Itulah beberapa alasan yang menjadikan tempe menjes favorit di Kota Malang. Dari anak- anak hingga orang tua sangat menggemari makanan ini. Kepopulerannya tak akan pernah habis dari dulu hingga sekarang. Sebab, selain menjadi makanan yang lezat, ternyata tempe menjes mempunyai beberapa manfaat yang bisa menyehatkan tubuh kita. Cobalah membuat resep kreasi tempe menjes kalian sendiri di rumah. Kalau tidak menemukan tempe menjes di kota kalian, berkunjunglah ke Kota Malang, dan belilah tempe menjes di pasar tradisional. Dengan begitu, kalian ikut mensejahterakan kehidupan pedagang tempe yang sekarang dalam keadaan terpuruk.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Tentang Penulis

Nama saya adalah indriani. Saya adalah freelancer writer pemula. Saya lahir di Kota Malang pada tanggal 29 Desember 1997. Pendidikan Terakhir saya adalah S1 Administrasi Bisnis di Universitas Terbuka. Saya pernah menerbitkan tiga buku antologi, yaitu surat berharga, surat untuk kaki langit palestina, dan antologi puisi.