Wisata Kuliner Legendaris Kota Semarang Yang Bikin Ketagihan

Wisata Kuliner Legendaris Kota Semarang Yang Bikin Ketagihan. -- Wisata kuliner legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan – Di tengah era modern saat ini banyak berbagai macam kuliner terbaru dan unik yang beredar di pasaran. Bahkan kemunculan aneka kuliner yang beraneka ragam menjadi perburuan para kaum milenial.

Wisata Kuliner Legendaris Kota Semarang Yang Bikin Ketagihan

Meskipun banyak kuliner baru khas zaman modern, kuliner tradisional tetap ada untuk mengisi ruang hati para pecinta kuliner. Keberadaan kuliner tradisional menjadi ciri khas dari suatu daerah, termasuk di Kota Semarang ini.

Banyak kuliner tradisional yang melegenda hingga sekarang serta masih menjadi perburuan para pecinta kuliner. Setiap wisatawan yang datang ke kota ini juga merasa ketagihan akan kenikmatan dan cita rasanya.

Sebagian besar orang yang pernah berkunjung mengatakan bahwa tidak lengkap jika mengelilingi Kota Semarang tanpa mencicipi kuliner legendaris dari kota ini. Berikut wisata kuliner legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan

Lunpia Gang Lombok

Lunpia merupakan kuliner legendaris nomor satu di Kota Semarang yang wajib dicoba atau dijadikan oleh-oleh. Lunpia sangat melekat bagaikan perangko dengan kota ini, sehingga Semarang juga di kenal sebagai Kota Lunpia.

Lunpia asli dari kota Semarang memiliki cita rasa yang lezat, unik, serta berbeda dengan lunpia yang lainnya. Salah satu lunpia yang menjadi favorit para pecinta kuliner termasuk para wisatawan yang datang adalah Lunpia Gang Lombok.

Lunpia ini berlokasi di Jalan Gang Lombok no. 11 lebih tepatnya berada bersebelahan dengan Klenteng Tay Kak Sie. Cukup mudah bukan untuk menemukan lokasi kuliner ini, dan sang pemilik sang memasak langsung lunpia ini.

Soto Bangkong

wisata kuliner legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan

Kuliner Legendaris di Semarang berikutnya adalah Soto Bangkong yang terletak di Jalan Brigjen Katamso. Dahulu Jalan Brigjen Katamso bernama jalan Bangkong, sehingga soto yang hadir sejak tahun 1950 ini bernama Soto Bangkog.

Awal penjualan Soto bangkong dengan cara dipikul keliling kampung, namun setelah populer soto ini memiliki kios besar hingga sekarang. Kuliner khas semarang ini sangat berbeda dengan soto lain pada umumnya. Bahkan banyak orang yang tidak cukup kalau hanya mencicipi sekali saja.

Soto ini menggunakan ayam kampung asli dan juga kuah kental yang kaya akan rempah-rempah. Sehingga sebagian besar orang menjadikan Soto Bangkong sebagai wisata kuliner legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan.

Gulai Kambing Bustaman

Kuliner khas Semarang yang masih melegenda hingga sekarang dan salah satu kuliner yang wajib di coba saat berada di kota ini. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar yang sudah ada sejak tahun 1969 termasuk kuliner legendaris terfavorit.

Tidak lengkap jika berwisata atau melewati Kota Semarang tanpa mampir di Gulai ini. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar bisa membuat pengunjung ketagihan dengan cita rasa yang lezat dan unik,

Cita rasa dari rempah yang meresap hingga ke daging kambing, kuah yang tidak terlalu kental tidak akan membuat enek saat memakannya. Apalagi jika menambahkan irisan bawang merah mentah serta perasan jeruk nipis kenikmatan akan lebih lengkap.

 Tahu Gimbal

Wisata kuliner legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan selanjutnya adalah Tahu Gimbal Pak Edy. Tahu gimbal termasuk kuliner yang selalu melegenda  bagi masyarakat asli Semarang maupun wisatawan.

Bumbu tahu gimbal masih menggunakan kacang asli  dan petis udang yang nikmat. Biasanya seporsi tahu gimbal berisi lontong, bakwan udang atau orang Semarang menyebutnya dengan nama gimbal urang.

Selain itu terdapat juga irisan kol dan taoge serta telor mata sapi yang melengkapi.setelah bahan tertata rapi kemudian bumbu kacang petis udang disiramkan di atasnya. Sudah terbayang nikmat dan kelezatan dari Tahu Gimbal Pak Edy ini.

Selain 4 wisata kuliner diatas masih ada banyak kuliner lain yang wajib dicoba saat berada di Kota Semarang ini. Seperti babat gongso Pak Sukarmin, nasi gandul Pak Memed, Lekker Paimo, dan masih banyak lagi yang lain.

Kuliner yang melegenda ini sangat menarik banyak wisatawan untuk mencicipi, bahkan terasa kurang jika tidak merasakan kuliner tradisional khas kota ini. Wisata kuliner Legendaris Kota Semarang yang bikin ketagihan para pecinta kuliner untuk terus mencicipinya.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Artikel terkait
Tentang Penulis

Bermula dari hobi dan belajar mengembangkan menjadi bakat